Zero Defect Pengelasan Kapal Selam Alugoro

Jakartagreater – Kapal Selam Alugoro merupakan kapal ketiga dari kontrak pengadaan Kapal Selam Batch 1 yang dibangun secara joint section di PT PAL Indonesia (Persero) dan mendapatkan predikat zero defect pengelasan alias tanpa cacat. Tidak main-main, predikat zero defect diakui langsung oleh timdari DSME Korea Selatan.

Predikat tersebut berdasarkan pada laporan pengetesan radiografi atau yang biasa dikenal dengan X-Ray yang meliputi pengetesan untuk mencari cacat las sebagai berikut: crack, under cut, root concavity, excessive penetration, dan burn through.

Terlebih kesuksesan zero defect didapatkan pada proses pengelasan material yang sangat khusus yakni HY-80, dirilis situs PT PAL Indonesia, 30 Juli 2020.

Kapal selam Alugoro sebelum menjalani drydocking (@ PT PAL Indonesia)

Pada 30 Juli 2020 lalu, Kapal Selam Alugoro menjalani drydocking selama 7 hari untuk pembersihan badan bawah garis air.

Dengan kondisi yang bersih diharapkan dicapai hasil yang optimal untuk pelaksanaan fase lanjutan SAT yang salah satunya adalah pelaksanaan Indiscretion Rate (IR).

Kapal selam Alugoro setelah menjalani drydocking (@ PT PAL Indonesia)

Kecepatan drydocking Kapal selam Alugoro tercapai berkat efisiensi pada pemakaian ulang fasilitas dock block yang sebelumnya dipergunakan docking Kasel Nagapasa Class. Selanjutnya Kasel Alugoro menjalani fase lanjutan Sea Acceptance Test (SAT).