Rudal Hipersonik Zirkon Jelajah 450 Km dalam 4,5 menit

Jakartagreater.com  –   Sebuah penembakan Rudal jelajah Hipersonik Zirkon telah berhasil mencapai target di Laut Barents, ujar Kementerian Pertahanan Rusia. Militer menekankan bahwa Rudal itu meluncur sejauh 450 kilometer, mencapai kecepatan Mach 8, dirilis Sputniknews.com, Rabu 7-10-2020.

Presiden Rusia Vladimir Putin memuji uji coba Rudal Zirkon yang berhasil, yang menyatakan itu adalah peristiwa penting bagi negara dan berkontribusi pada keamanan negara.

Putin juga mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang terlibat dalam proyek tersebut, juga berterima kasih kepada Menteri Pertahanan Sergei Shoigu dan Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia Valery Gerasimov.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua atas pekerjaan yang telah dilakukan, untuk hasilnya, dan mengungkapkan harapan bahwa di masa depan semua spesialis yang terlibat dalam persenjataan kembali militer Rusia akan (terus) bekerja seefisien dan sekuat yang telah dilakukan hingga saat ini”, “kata Presiden saat video meeting dengan Staf Umum.

“Kemarin, fregat Admiral Gorshkov meluncurkan rudal jelajah Zirkon dari Laut Putih ke sasaran yang terletak di Laut Barents. Tugas berhasil diselesaikan, serangan langsung telah dicatat.

dok. Fregat Admiral Gorshkov Rusia. (@Russian MoD)

Jangkauan penerbangan mencapai 450 kilometer (279 mil), ketinggian maksimum mencapai 28 kilometer, dan durasi penerbangan mencapai 4,5 menit. Rudal tersebut mengembangkan kecepatan lebih dari Mach 8″, kata Jenderal Gerasimov.

Pengujian Zirkon dimulai pada 2015, dengan hampir selusin peluncuran selesai pada 2018. Presiden Putin menyebut Zircon dalam pidatonya di parlemen tahun 2018 sebagai salah satu sistem strategis utama yang mampu menghindari pertahanan Rudal Amerika dan dengan demikian menjamin kemampuan respons Rusia.