Ngeri, Serbuan Pasukan Lintas Udara di Latihan Militer Zapad 2021

Pendaratan pasukan terjun payung Russian Airborne Forces dari pasukan lintas udara 31st Guards Air Assault Brigade, Ulyanovsk dilakukan selama latihan strategis tahap utama
Zapad 2021 (West 2021).

Pasukan ini bersama koalisi membuat keputusan maju ke depan dengan cepat via lintas udara untuk mencegah pendekatan dan penyebaran pasukan cadangan militer lawan.

Pendaratan pasukan dilakukan dengan 32 helikopter angkut dan tempur Mi-8, yang juga melibatkan 14 helikopter Ka-52 Alligator dan 14 helilopter 14 Ka 28 Night Hunter, untuk dukungan penerbangan pasukan terjun payung di area pendaratan.

Untuk memperkuat potensi tempur udara taktis, helikopter juga mengirimkan kendaraan khusus Sarmat-2, howitzer D-30 dengan logistik dan amunisi.

Latihan strategis “Zapad 2021” (West 2021) dimulai pada 10 September 2021 di 4 tempat latihan di Belarus dan 9 di Rusia.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan latihan ini melibatkan 200.000 personel militer, sekitar 80 pesawat dan helikopter, 15 kapal dan hampir 300 tank untuk bagian.

Latihan melibatkan tembakan langsung dan menandai puncak dari latihan tiga bulan yang lebih besar.

Personel militer dari Armenia, India, Kazakhstan, Kirgistan, dan Mongolia juga akan berpartisipasi, kata kementerian pertahanan Rusia.

Wakil Menteri Pertahanan Rusia Nikolai Pankov mengatakan latihan itu murni bersifat defensif dan akan memberi Moskow dan Minsk kesempatan untuk meningkatkan cara kerja militer masing-masing.

Sejauh ini, Collective Rapid Reaction Force (CRRF) dari Collective Security Treaty Organization (CSTO) telah melakukan latihan militer di Rusia dan Belarus setiap dua tahun. Latihan “West” terakhir terjadi pada tahun 2017.

Tahun ini, pasukan dari Armenia, Kazakhstan, India, Kirgisztan, Mongolia, Serbia, dan Sri Lanka juga akan berpartisipasi dalam bagian kedua di tanah Rusia. China, Vietnam, Myanmar, Pakistan dan Uzbekistan akan mengirimkan pengamat.