Mantap, 3 KRI dan Pesawat TNI AL Latihan Tempur di Karang Unarang

JakartaGreater – Militer Indonesia dari Guspurla Koarmada II TNI AL menggelar latihan yang melibatkan tiga kapal perang Indonesia, KRI dari Satuan Kapal Cepat Koarmada II, yakni: (KRI KRS-624, KRI HIU-634, KRI LYG-635). Latihan ini juga didukung satu pesawat Cassa NC-212 dari Skadron 600 Wing Udara 2 Puspenerbal.

Latihan di perairan Karang Unarang, Laut Sulawesi berlangsung selama dua hari mulai tanggal 15 sampai 16 Oktober 2021, yang dipimpin oleh Komandan Gugus Tempur Laut Koarmada II Laksma TNI Hersan, yang onboard di KRI Layang-635.

“Sasaran latihan ini untuk melatih dan menguji kemampuan prajurit dan alutsista TNI AL, baik KRI maupun Pesawat udara yang tergabung dalam Satuan Tugas Laut pada Operasi Gabungan TNI Pamtas “Ambalat” RI-Malaysia, untuk mengantisipasi dan menghadapi ancaman yang sesungguhnya dalam medan tugas operasi, khususnya di wilayah perbatasan RI – Malaysia – Filipina, ” ungkap Laksma TNI Hersan, dikutip Pen Koarmada II, Minggu, 17/10/2021.

Mantap, 3 KRI dan Pesawat TNI AL Latihan Tempur di Karang Unarang

“Latihan ini diselenggarakan dengan beberapa serial kegiatan, diantaranya MFT (Mine field Transit) & Leaving Harbour, Flag Hoist, DCEX, AAROFEX, FLASHEX, SCREENEX, PUBEX, Prep GUNEX, GUNEX, Manuver Taktis, ASuW Procedure, RAS Approach, Air Joining Procedure, PHOTOEX dan VBSS/Boarding Exercise. Secara keseluruhan latihan berjalan sesuai dengan skenario latihan yang direncanakan, ” ujar Laksma Hersan.

Mantap, 3 KRI dan Pesawat TNI AL Latihan Tempur di Karang Unarang

Latihan ini menindaklanjuti perintah Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dan kesiapan tempur unsur-unsur TNI AL, khususnya KRI di jajaran Koarmada II dan Pesawat udara Puspenerbal dalam rangka mendukung tugas-tugas TNI AL, baik di pangkalan maupun di daerah operasi.