Dahsyat, Kapal Perang TNI AL dan Australia Beraksi di Laut Jawa

JakartaGreater    –  Dua kapal perang TNI Angkatan Laut, yakni KRI I Gusti Ngurah Rai-332 dan KRI Malahayati-362 dari unsur Satuan Kapal Eskorta Koarmada II dengan kekuatan penuh bertolak pada Minggu 31-10-2021 dari Dermaga Madura menuju perairan Laut Jawa, dirilis Pen Koarmada II.

Keduanya akan bergabung dengan kapal perang Royal Australian Navy (RAN), yakni HMAS Anzac F-150 dalam gelaran Latihan Bersama New Horizon 2021 yang memasuki tahap Sea Phase atau Manuver Lapangan. Tahap yang merupakan puncak dari latihan rutin 2 tahunan antara TNI AL dengan RAN ini, dilaksanakan dari tanggal 31 Oktober hingga 3 November 2021 di perairan Laut Jawa dan Bali.

Komandan KRI GNR-332 sebagai Dansatgas Latma New Horizon 2021, Kolonel Laut (P) Sumarji Bimoaji, memegang kendali pelaksanaan selama jalannya Manlap yang juga melibatkan Heli Phanter AS-565 MBe, dan Heli MH-60Rmilik RAN.

Untuk keberhasilan dan kelancaran latihan, Ia menekankan kepada seluruh personel satgas agar mengutamakan keselamatan mereka selama latihan berlangsung. “Keselamatan personel selama latihan adalah hal utama, begitu juga keamanan terhadap bahaya navigasi. Sebab keduanya menjadi kesuksesan dan kelancaran latihan,” kata Kolonel Laut (P) Sumarji Bimoaji.

Tidak hanya keselamatan personel, Dansatgas Latma New Horizon 2021 Kolonel Laut (P) Sumarji Bimoaji, juga meminta agar personel melaksanakan latihan secara serius dan profesional, dan memanfaatkan kesempatan ini sebagai ajang untuk meningkatkan hubungan pertemanan serta bertukar pengalaman antar perwira TNI AL – RAN hingga di masa yang akan datang.

Untuk hari pertama dijadwalkan dengan beberapa Serial Latihan meliputi Latihan MISCEX 833, Manuver kapal dengan berbagai formasi, peran Helo Deck Landing Practice Helly Panther HS-4029, Drill GUNEX 603 yakni penembakan meriam 76 Mm, peran SYNTEX 531, dan latihan Peperangan Anti Kapal Permukaan.