Yonzipur 10 Latihan Rebut Sasaran yang Dikuasai Musuh

JakartaGreater   – Batalyon Zeni Tempur 10 Kostrad mengikuti latihan Uji Siap Tempur (UST) pada Kamis, 28-10-2021 di Pusat Latihan dan Tempur Marinir 5 Baluran, Situbondo, Jawa Timur.

Dalam latihan Uji Siap Tempur ini, prajurit Yonzipur 10 Kostrad mensimulasikan skenario membantu perebutan sasaran yang dikuasai oleh lebih dari satu Batalyon musuh, ungkap Penkostrad, Senin 1 November 2021.

Latihan UST ini diikuti satu Kompi Yonzipur 10 Kostrad, Satu Kompi Kavaleri dari Yonkav 8 Kostrad, 2 Baterai Arhanud dari Yonarhanud 2 Kostrad, 1 Kompi Bekang dari Yonbekang 2 Kostrad, 1 Kompi Kesehatan Lapangan dari Yonkes 2 Kostrad serta 1 Kompi Peralatan dari Denpal Divif 2 Kostrad.

Setiap prajurit yang terlibat dalam latihan Uji Siap Tempur ini sudah dibekali kemampuan dan pengetahuan perorangan. Dalam latihan ini, unsur pimpinan mulai dari Danru dan Danton harus dapat memaksimalkan kemampuannya dalam memimpin dan mengendalikan pasukan dalam situasi di medan yang sebenarnya.

Dalam kegiatan ini, Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Andi Muhammad hadir langsung memantau kegiatan yang digelar. Menurut Pangdivif 2 Kostrad, latihan Uji Siap Tempur ini merupakan latihan satuan tingkat kompi.

“Latihan UST merupakan program yang distandarisasikan dan dilaksanakan secara bertahap, bertingkat, berkelanjutan. Latihan ini juga diselenggarakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan serta kemampuan sekaligus menguji sejauh mana kesiapan tempur masing masing Satuan,” ujar Mayjen TNI Andi Muhammad, S.H.

Usai meninjau latihan Uji Siap Tempur tersebut, Pangdivif 2 Kostrad juga melakukan bakti sosial dengan membagikan Sembako pada masyarakat sebagai bentuk kepedulian kepada rakyat. Karena menurut Mayjen TNI Andi Muhammad, TNI berasal dari rakyat dan kekuatan TNI ada pada rakyat.