Rudal Hipersonik Tsirkon Mulai Diproduksi untuk Angkatan Laut Rusia

Alutsista – Armada perang militer Rusia akan semakin disegani di laut karena Asosiasi Industri dan Penelitian Perusahaan Industri Militer Rusia untuk Bangunan Mesin di kota Reutovo, Wilayah Moskow, mulai memproduksi serial Rudal Hipersonik Tsirkon untuk Angkatan Laut negara itu, ujar sumber yang dekat dengan industri itu kepada TASS, Sabtu, 27 November 2021.

“Produksi serial Rudal Tsirkon sedang berlangsung di NPO Mashinostroyenia, meskipun uji coba peluncuran permukaan produk ini akan terus berlanjut,” kata sumber tersebut.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan pada 3 November 2021, bahwa uji coba Rudal jelajah hipersonik Tsirkon hampir selesai dan mereka akan mulai tiba untuk Angkatan Laut Rusia mulai tahun depan.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu melaporkan kepada Putin pada 18 November 2021 tentang keberhasilan uji peluncuran Rudal hipersonik Tsirkon di Laut Putih.

Sebuah sumber di industri pertahanan dalam negeri mengatakan kepada TASS awal pekan ini, bahwa uji pengembangan penerbangan Rudal Hipersonik Tsirkon dari kapal selam yang telah suskse dengan dua uji peluncuran akan dilanjutkan dari kapal selam bertenaga nuklir Proyek 885M (Yasen-M) yang dimodifikasi pada tahun 2024.

Pada tanggal 4 Oktober 2021, kapal selam bertenaga nuklir Severodvinsk menguji coba Rudal Hipersonik Tsirkon dari permukaannya dan juga dari posisi terendam ke dalam air di Laut Putih untuk pertama kalinya.

Sebuah sumber sebelumnya mengatakan kepada TASS bahwa uji coba Rudal Hipersonik Tsirkon akan dimulai pada November dan berlanjut pada Desember 2021.

Secara keseluruhan, 5 uji-peluncuran terhadap target laut dan pesisir telah disiapkan. Pada 24 Agustus 2021, sebuah kontrak ditandatangani di pameran senjata internasional Army 2021 untuk pengiriman Rudal Hipersonik Tsirkon ke pasukan Rusia.

Alutsista Rudal Hipersonik serba guna Tsirkon dirancang untuk menyerang target laut dan darat.

Presiden Putin sebelumnya mengatakan bahwa Rudal Hipersonik Tsirkon yang mampu terbang dengan kecepatan 9 Mach (9 kali kecepatan suara) dan menyerang target pada jarak lebih dari 1.000 km akan segera siaga tempur.

Kapal selam nuklir Project 885M Kazan Rusia. (Russian MoD)

Rudal hipersonik ini dimaksudkan untuk melengkapi kapal selam dan kapal permukaan Rusia dengan sistem Rudal Hipersonik Tsirkon.

Seperti yang dilaporkan TASS sebelumnya, kapal selam Perm yang dimodifikasi, yang merupakan kapal selam bertenaga nuklir kelima Proyek 885M, akan menjadi pembawa Rudal Hipersonik Tsirkon bawah air pertama. Kapal selam itu akan memasuki layanan dengan Angkatan Laut Rusia pada tahun 2025.

Galangan Kapal Sevmash (bagian dari United Shipbuilding Corporation) saat ini sedang membangun 6 kapal selam Proyek 885M.

Kapal selam utama Project 885 dan Project 885M Severodvinsk dan Kazan berada dalam layanan operasional Angkatan Laut Rusia, di saat kapal selam pertama Project 885M yang dibangun secara serial oleh Novosibirsk ,sedang menjalani uji coba dan direncanakan untuk memasuki layanan dengan militer Angkatan Laut Rusia pada akhir tahun ini.

*Foto cover: Uji penembakan rudal hipersonik Tsirkon. (@ Russia MoD)