Denmark Suplai Radar untuk Kapal Cepat Rudal Indonesia

Alutsista – Menteri Luar Negeri Denmark Jeppe Sebastian Kofod mengunjungi galangan kapal PT PAL Indonesia di Surabaya, Jawa Timur, pada Minggu, 21 November 2021, untuk melihat kapal cepat rudal KCR-60 yang dilengkapi dengan teknologi Denmark.

“Perusahaan Denmark berkomitmen untuk mendukung pengembangan Industri Pertahanan Indonesia melalui kerja sama dan transfer ilmu”, ungkap Kedutaan Besar Denmark untuk Indonesia dalam akun twitternya, 21/11/2021.

Kunjungan ini juga sebagai bentuk solusi industri pertahanan yang lebih kuat untuk menegakkan keamanan maritim.

Menteri Luar Negeri Denmark Jeppe Kofod mengunjungi galangan kapal PT PAL Indonesia, Surabaya, Jawa Timur, 21/11/2021. (@Danish Embassy in Jakarta)

Dalam kunjungannnya ke PT PAL Indonesia (Persero), Menteri Luar Negeri Denmark, Jeppe Kofod didampingi oleh Duta Besar Denmark untuk Indonesia Lars Bo Larsen.

Kunjungan perdana dari Kementerian Luar Negeri Denmark ini disambut langsung oleh CEO PT PAL Indonesia, Kaharuddin Djenod bersama jajaran pejabat PT PAL Indonesia.

“PAL selama ini telah melakukan kolaborasi dan kerja sama yang luar biasa dengan Denmark, terutama Terma Denmark. Hal ini diwujudkan melalui suplai radar pada empat proyek Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 meter”, ujar CEO PT PAL Indonesia, Kaharuddin Djenod, dikutip laman IG PT PAL Indonesia, 21 November 2021.

Kaharuddin Djenod juga memaparkan bahwa teknologi Denmark juga berperan dalam Kapal Bantu Rumah Sakit (BRS) yang menggunakan Halo Radar.

Sementara Jeppe Sebastian Kofod mengatakan bahwa komunikasi dan kerja sama yang selama ini dilakukan Denmark, khususnya Terma Denmark merupakan bukti dari kolaborasi yang luar biasa.

“Kami berharap dalam waktu dekat akan adanya kerja sama dan kolaborasi yang lebih besar antara Indonesia khususnya PAL dengan Denmark”, ujar Menteri Luar Negeri Denmark.

Menlu Denmark juga menunjukkan antusiasmenya atas rencana implementasi transfromasi industry maritim 4.0 yang akan dilakukan oleh PT PAL Indonesia.

PT PAL Indonesia sebagai salah satu galangan kapal terbesar di Indonesia, memiliki manajemen rantai pasok berskala global atau Global Supply Chain. Untuk itu, melalui kunjungan ini CEO PT PAL Indonesia berharap dapat memperkuat kerja sama dengan Denmark ke depannya, untuk kolaborasi dalam Global Supply Chain yakni perencanaan, berbagi sumber daya, kolaborasi pengembangan bisnis, kolaborasi pengembangan produk baru dan pengadaan bersama.

dok KCR-60 TNI AL (@TNI AL)

Electronic Support Measures

Indonesia melalui Kementerian Pertahanan juga memiliki kerja sama dengan Denmark. Selain ada beberapa kerja sama bidang industri pertahanan, pada Agustus 2021 telah dilakukan penandatanganan kontrak dengan pemerintah Indonesia untuk Electronic Support Measures (ESM) Enam Kapal TNI AL, ungkap laman Kemhan RI, 23/11/2021.

*Foto cover: dok. KCR 60 KRI Kerambit-627. (@PT PAL Indonesia)

Menteri Luar Negeri Denmark Jeppe Sebastian Kofod mengunjungi galangan kapal PT PAL Indonesia di Surabaya, Jawa Timur, 21/11/2021. (@Danish Embassy in Jakarta)