India Segera Rampungkan Kesepakatan Produksi 700.000 Senjata Serbu AK-203

Alutsista – Sebuah kontrak untuk pengiriman senjata serbu AK-203 terbaru kepada Kementerian Pertahanan India ditargetkan ditandatangani sebelum akhir tahun ini, kata produsen senjata Kalashnikov kepada TASS, 23 November 2021.

“Persetujuan proyek telah memasuki tahap akhir dan mungkin ditandatangani sebelum akhir 2021 setelah mencapai kesepakatan utama,” kata kantor pers perusahaan Kalashnikov.

Dalam proses persiapan kontrak, “spesialis Rusia dan India melakukan pekerjaan persiapan skala besar,” katanya.

Setelah kedua pihak menandatangani kontrak, produksi senapan serbu berlisensi dapat dimulai dalam waktu dekat, ujar kantor pers Kalashnikov.

“Dalam hal ini, produksi AK-203 untuk angkatan bersenjata India akan dimulai pada awal 2022,” katanya.

Senjata Serbu AK-203. (@Rosoboronexport)

Fasilitas manufaktur senapan bersama Rusia-India, Indo-Russian Rifles Private Limited (IRRPL),  didirikan di kota Korwa di negara bagian Uttar Pradesh, India pada Maret 2019.

Kerja sama ini diperkirakan akan memproduksi sekitar 700.000 senjata serbu AK-203 di bawah lisensi, dengan produksi senjata sepenuhnya dilakukan di India.

Presiden Rusia Vladimir Putin dijadwalkan ke India bulan depan untuk pertemuan puncak tahunan dengan India.

Senapan Serbu AK-203

AK203 7.62mm adalah Senjata Serbu yang dibuat dengan pengetahuan yang diterapkan untuk meningkatkan kemampuan tempur dan taktis secara drastis.

Senjata Serbu AK-203. (@Rosoboronexport)

Rel Picatinny membuat AK203 sangat serbaguna karena operator dapat memasang seluruh jajaran peralatan taktis. Solusi teknis tingkat lanjut meningkatkan akurasi tembakan dan umur laras secara signifikan.

Fitur desain modern seperti buttstock yang dapat dilipat dan disetel, windowed dan rifled magazine, serta pegangan pistol membuat Assault Rifle ini lebih ergonomis. Berbagai jenis amunisi tipe 7.62mm memungkinkan operator untuk siap tempur dan efisien saat menyelesaikan misi apa pun.

Caliber 7.62mm

Ammunition 7.62х39mm

Empty weight 3.8 kg

Sighting range 800 meter

Magazine 30 peluru