Destroyer AS USS Arleigh Burke Masuki Laut Hitam Dukung Sekutu NATO

Militer – Kapal perusak peluru kendali kelas Arleigh Burke USS Arleigh Burke (DDG 51) memasuki Laut Hitam dalam patroli rutin, pada 25 November 2021.

Saat berada di Laut Hitam, kapal akan beroperasi bersama sekutu dan mitra NATO di kawasan, bekerja sama untuk memastikan keamanan dan stabilitas di jalur laut internasional yang vital. Sekutu dan mitra NATO secara rutin beroperasi di kawasan itu untuk memastikan lingkungan maritim yang aman, stabil, dan aman, serta membangun kapasitas mitra untuk meningkatkan efektivitas dan interoperabilitas.

“Sekarang, lebih dari sebelumnya, kami berdiri kokoh di samping sekutu dan mitra NATO kami di wilayah Laut Hitam,” kata Cmdr. Patrick Chapman, komandan Arleigh Burke.

“USS Arleigh Burke berfungsi sebagai simbol kebanggaan komitmen Angkatan Laut AS terhadap kebebasan dan keamanan maritim di seluruh dunia”, dikutip Navy.mil, 25/11/2021.

Armada Keenam AS USS Mount Whitney (LCC 20) dan kapal perusak rudal kelas Arleigh Burke USS Porter (DDG 78) baru-baru ini menyelesaikan operasi di Laut Hitam, bekerja dengan sekutu dan mitra regional, termasuk Bulgaria, Georgia, Rumania, Turki, dan Ukraina sepanjang waktu mereka di daerah tersebut.

Destroyer AS USS Arleigh Burke Masuki Laut Hitam Dukung Sekutu NATO, 25/11/2021. (@ US Navy)

Arleigh Burke memulai patroli saat ini pada bulan Agustus, beroperasi di Laut Baltik dan Barents bersama sekutu dan mitra angkatan laut, termasuk kapal-kapal dari Standing NATO Maritime Group (SNMG) 1. Kapal juga melakukan kunjungan pelabuhan di Tallinn, Estonia dan Helsinki, Finlandia, menggarisbawahi pentingnya hubungan Baltik dengan kekuatan Aliansi NATO.

Beroperasi dari High North melalui Mediterania dan ke Laut Hitam menunjukkan kemampuan dan kapasitas kapal Forward Deployed Naval Forces-Europe (FDNF-E) yang dibawa ke teater Eropa. Kapal-kapal yang secara inheren bergerak dan mampu multi-misi ini secara rutin beroperasi di seluruh perairan Eropa dan Afrika, dari Tanjung Harapan hingga Lingkaran Arktik, menunjukkan penguasaan mereka atas domain maritim.

Arleigh Burke adalah salah satu dari empat kapal perusak Angkatan Laut AS yang berbasis di Naval Station Rota, Spanyol, dan ditugaskan ke Commander Task Force 65 untuk mendukung arsitektur Pertahanan Rudal Udara Terpadu NATO.

Armada Keenam AS, yang bermarkas di Naples, Italia, melakukan spektrum penuh operasi gabungan angkatan laut, bersama dengan mitra sekutu dan antarlembaga, untuk memajukan kepentingan nasional AS dan keamanan serta stabilitas di Eropa dan Afrika.

*Foto cover: Destroyer AS USS Arleigh Burke (DDG 51). (@USNavyEurope)