Dislitbang TNI AD Uji Coba Utility Task Vehicle untuk Tugas Khusus

JakartaGreater  –  Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Dislitbang TNI AD) terus berinovasi untuk menciptakan kendaraan militer TNI AD yang dapat mengangkut personel dan perlengkapan militer dalam mendukung berbagai tugas khusus, baik dalam tugas Operasi Militer Perang maupun Operasi Militer Selain Perang.

Dalam kreasinya itu, Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD melakukan uji coba (sertifikasi) Kendaraan Khusus ATV (All Terrain Vehicle) / UTV (Utility Task Vehicle) CFMoto, pada Kamis, 9 Desember 2021, di Desa Pelangi Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Dislitbangad Uji coba Utility Task Vehicle (@Dislitbangad)

Kendaraan ATV/UTV CFMoto merupakan kendaraan yang mempunyai fungsi pokok sebagai kendaraan khusus TNI AD multi guna yang mampu dioperasionalkan di segala medan, ungkap laman Dislitbang TNI AD, 9/11/2021.

Kendaraan ini ditujukan untuk mengangkut personel dan perlengkapan militer dalam mendukung berbagai tugas khusus, baik dalam tugas Operasi Militer Perang  maupun Operasi Militer Selain Perang.

Dislitbangad Uji coba Utility Task Vehicle (@Dislitbangad)

Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Kadislitbangad) Brigjen TNI Terry Tresna Purnama yang menjabat sebagai Kepala Kegiatan mengatakan uji coba (sertifikasi) material TNI AD ini merupakan tugas penelitian.

Dalam pelaksanaannya uji coba ini mengacu pada metoda dan teknik penelitian yang diatur dalam tolok ukur Syarat-Syarat Tipe (SST).

Dislitbang TNI AD selaku pemegang Lapangan kekuasaan Teknis (LKT), juga berkewajiban untuk menguji coba kendaraan ATV/UTV CFMoto untuk mendapatkan penilaian.

Dislitbangad Uji coba Utility Task Vehicle (@Dislitbangad)

Penilaian itu akan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan pimpinan dalam menentukan kebijakan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD.

Pelaksanaan uji coba disesuaikan dengan Syarat-Syarat Tipe kendaraan khusus UTV, sehingga terdapat Persyaratan Umum yang dirumuskan untuk mendapatkan material yang berkualitas.

Kendaraan ini pun harus memenuhi persyaratan umum, baik aspek politik, ekonomi, perkembangan teknologi, geografis serta kemampuan dukungan industri dalam negeri.

Dislitbangad Uji coba Utility Task Vehicle (@Dislitbangad)

“Di samping itu, kendaraan militer ini juga harus memenuhi Persyaratan Teknis yang merupakan penjabaran dari Persyaratan Umum dan Persyaratan Taktis, baik dari aspek konstruksi dan perlengkapan, aspek kemampuan, aspek kelancaran kerja, serta aspek insani yang diterapkan pada Kendaraan khusus UTV (Utility Task Vehicle) ini secara kualitatif”, ujar Kadislitbangad Brigjen TNI Terry Tresna Purnama.

Dislitbangad Uji coba Utility Task Vehicle (@Dislitbangad)

Pernyataan Kadislitbangad itu diterapkan oleh Tim Penguji, dimana pelaksanaan pengujian kendaraan ditinjau dari 4 aspek:

  • Pertama materi uji Aspek Konstruksi dan Perlengkapan.
  • Kedua Materi uji aspek kemampuan
  • Ketiga Aspek Kelancaran Kerja Kendaraan ATV/UTV CFMot.
  • Ke empat harus memenuhi Aspek Insani.

Pelaksanaan uji coba kendaraan ATV/UTV CFMoto ini, dihadiri oleh para Pejabat Litbang dari Mabes TNI, perwakilan dari masing-masing matra (TNI AD, AL, AU), serta mitra kerja TNI.