Tampilan Helikopter Serang Terbaru Filipina

JakartaGreater – Kementerian Pertahanan Filipina menampilkan foto helikopter Serang T129 ATAK untuk Angkatan Udara Filipina, yang mereka beli dari Turki.

“Dua unit pertama dari enam helikopter ini diharapkan akan dikirim dari Turki ke Angkatan Udara Filipina pada akhir tahun 2021”, ungkap laman Department of National Defense – Philippines, 14 Desember 2021.

Militer Filipina segera mendapatkan alutsista tambahan berupa helikopter serang T129 “ATAK” buatan Turki.

Departemen Pertahanan Nasional (DND) Filipina pada hari Jumat, 3 Desember 2021, mengkonfirmasi bahwa dua dari enam helikopter serang T129 “ATAK” buatan Turki akan dikirim ke Filipina sekitar bulan Desember 2021 ini.

“Dua unit pertama dari T129 ‘ATAK’ diharapkan akan dikirimkan akhir bulan ini. Tim DND akan berangkat ke Turki untuk pemeriksaan pra-pengiriman,” ujar juru bicara DND Arsenio Andolong dalam sebuah pesan kepada Kantor Berita Filipina, PNA.

Dia mengatakan tim DND diharapkan meninggalkan negara itu pada pertengahan minggu depan, ungkap Philippine News Agency, 5/11/2021.

Keenam helikopter serang T129 diperoleh dengan total harga kontrak sebesar USD269.388.862 dari Industri Dirgantara Turki melalui mode pengadaan antar pemerintah di bawah Republic Act 9184 atau Government Procurement Reform Act.

T129 merupakan helikopter serang bermesin ganda, kursi tandem, multi-peran, yang bisa beroperasi di segala cuaca. Helikopter ini dibangun berdasarkan platform helikopter Agusta A129 Mangusta dan dirancang untuk misi serangan dan pengintaian tingkat lanjut di lingkungan konflikk yang tinggi serta geografi yang kasar dalam kondisi siang dan malam.

Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana menandatangani kontrak untuk akuisisi helikopter serang Turki ini pada Juli tahun lalu.

Angkatan Udara Filipina sedang mencari helikopter serang yang berdedikasi tetapi terjangkau untuk meningkatkan armada helikopter bersenjata ringannya, seperti MG-520 dan AW-109E, yang digunakan untuk misi kontra-teror dan dukungan darat.