Varian Kendaraan Lapis Baja Multi-Peran Griffon Sangat Beragam

Semua varian versi troop transport Griffon kini sudah memenuhi syarat (qualified) untuk jenis: FELIN, sniper section (STE), mortar 81mm (MO81), refueling (RAV), light intervention element (ELI), engineer (GEN), varian misil jarak menengah (MMP) dan juga tambahan versi kendaraan pos komando (EPC).

Kelompok tiga perusahaan yang tergabung dalam Groupement Momentané d’Entreprises (GME) telah mengirimkan Kendaraan Lapis Baja Multi-Peran / Multi-Role Armoured Vehicle (VBMR) GRIFFON ke-119 dan terakhir yang direncanakan untuk tahun 2021, kepada militer, Angkatan Darat Prancis, pada tanggal 6 Desember 2021.

Paket 119 Kendaraan Lapis Baja Multi-Peran GRIFFON pertama kali diserahkan ke Badan Pengadaan Pertahanan (DGA/SQ) Prancis di Perusahaan Nexter, Roanne, Loire, Prancis tengah, sebelum dikirim ke resimen, ungkap laman Thales Group.


Kendaraan Lapis Baja Multi-Peran Griffon. (@ Nexter Group)

Dengan demikian, tim GME, yang terdiri dari Nexter, Arquus dan Thales, telah memenuhi target pengirimannya untuk tahun 2021, sesuai dengan pesanan awal April 2017 dan undang-undang pemrograman militer 2019-2025.

Sebagai catatan, sebanyak 128 GRIFFON telah diserahkan untuk verifikasi pada tahun 2020, dan 92 unit pada tahun 2019, sehingga total menjadi 339 GRIFFON sejak pemberitahuan tahap bersyarat TC2 dari kontrak EBMR.


Kendaraan Lapis Baja Multi-Peran Griffon. (@ Nexter Group)

Selain itu, semua varian versi troop transport kini sudah memenuhi syarat (qualified) untuk jenis: FELIN, sniper section (STE), mortar 81mm (MO81), refueling (RAV), light intervention element (ELI), engineer (GEN), varian misil jarak menengah (MMP) dan juga tambahan versi kendaraan pos komando (EPC) untuk unit militer.

Selanjutnya, Arquus dan Thales ingin menyoroti kualitas kerja sama industri antara semua perusahaan yang terlibat dalam program dan dengan berterima kasih kepada semua tim yang terlibat atas pekerjaan yang dilakukan di 2021. Sekali lagi, mereka telah menunjukkan komitmen total terhadap pelaksanaan misi mereka dalam pelayanan Angkatan Darat. Pengiriman kendaraan GRIFFON akan berlanjut dengan kecepatan yang sama pada tahun 2022, ungkap Thales Group.