Prajurit Yontaifib 2 Marinir Latihan Terbangkan UAV

JakartaGreater  –  Dalam rangka meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan pada rangkaian Latihan SKPL TW IV TA.2021, prajurit Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir berlatih menerbangkan Pesawat Tanpa Awak atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV) yang dilaksanakan pada Jumat 17-12-2021 di lapangan Gajayana Karangpilang, Surabaya, dirilis Situs TNI AL pada Sabtu 8-12-2021.

UAV ini merupakan jenis Flying Wing FX-61 dengan dimensi wingspan atau rentang sayap 1550 mm dan panjang fuselage 683 mm serta bobot kurang dari 3 Kg.

Pesawat dikendalikan dengan menggunakan remote control 2,4 Ghz dengan jangkauan maksimal 2 km dan mampu terbang dengan durasi 30 menit dengan kapasitas Baterai Lipo 3S – 4500 mAh.

Salah satu komponen terpenting dari UAV adalah kamera. Kamera memungkinkan operator melaksanakan survey udara seperti inspeksi dan observasi. Pesawat tanpa awak ini telah menjadi alat penting yang bisa digunakan untuk keperluan militer, komersial, hingga rekreasi.

Komandan Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir Letkol Marinir Supriyono mengatakan, dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan mampu memberikan pengetahuan bagi prajurit Yontaifib 2 Marinir untuk menjadi seorang operator UAV handal yang nantinya dapat digunakan untuk mendukung tugas-tugas penting di masa yang akan datang.