Wamenhan: Peran Satelit Penting Untuk Pertahanan Negara

JakartaGreater  – Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M. Herindra menegaskan, peran penting satelit bukan hanya untuk komunikasi, tetapi sangat vital penggunaaannya dalam sistem pertahanan untuk mengintegrasikan fungsi pertahanan negara, ungkap Situs Kemhan RI pada Kamis, 23-12-2021,

Wamenhan M. Herindra, yang didampingi Sekjen dan Irjen Kemhan, mengatakan hal tersebut saat menerima paparan Kabainstrahan Kemhan Mayjen TNI Yudi Abrimantyo, S.I.P., M.Sc, tentang Grand Design Satelit Pertahanan Negara, pada Kamis 23-12-2021 di Kemhan RI, Jakarta

Dalam sambutannya Wamenhan M. Herindra mengatakan, kegiatan penyusunan Grand Design Pemanfaatan Satelit untuk mendukung pertahanan negara, diharapkan dapat membawa dampak positif bagi peningkatan kinerja Kemhan dan TNI di bidang pertahanan khususnya serta kemajuan bangsa dan negara pada umumnya.

Ditambahkan Wamenhan, kompleksitas ancaman perlu dipahami dan dimengerti oleh segenap unsur pertahanan negara, termasuk komunitas penyelenggara sistem informasi pertahanan.

Untuk itu, Kementerian Pertahanan terus mengupdate strategi dan kebijakan pertahanan negara serta implementasinya di lapangan, guna mengamankan kepentingan nasional, penopang tetap tegaknya NKRI.

“Berdasarkan konsep pertahanan negara, sistem satelit menjadi salah satu bagian penting dalam memperkuat pertahanan negara, khususnya dalam membangun kemandirian”, kata Wamenhan M. Herindra.

Melalui penyusunan perencanaan ini, Wamenhan M. Herindra menyampaikan harapannya, dapat memberikan gambaran secara jelas bagaimana progress grand design satelit pertahanan negara, sesuai dengan peraturan dan kebutuhan.

Hal lainnya, kegiatan perencanaan dapat ini dapat dijadikan sebagai wahana memberikan serta gagasan untuk meningkatkan sinergitas para pemangku penyelenggara satelit pertahanan negara.

*Foto: Ilustrasi Satelit