Serbia Terima Sistem Rudal Anti-Tank Kornet dari Rusia

Belgrade, JakartaGreater  –  Sebuah pengiriman sistem Rudal anti-tank Kornet dari Rusia telah tiba di Serbia, ungkap surat kabar Politika pada hari Jumat 24-12-2021, dikutip TASS.

Rudal-Rudal itu dikirim ke lapangan terbang militer Beograd Batainitsa pada hari Kamis 23-12-2021 oleh sebuah pesawat angkut militer Il-76, kata laporan itu. Rudal-Rusia, beberapa senjata paling canggih dari jenis ini, akan secara signifikan memperkuat angkatan bersenjata Serbia, kata surat kabar itu.

Pada 2 Desember 2021, Menteri Dalam Negeri Serbia Aleksandar Vulin, dalam pembicaraan dengan Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu di Moskow, mengatakan negara itu menerima pengiriman beberapa Rudal Kornet.

Sebelumnya, Presiden Serbia Aleksandar Vucic mengatakan bahwa pengiriman Rudal dari Rusia ke Serbia akan secara signifikan memperkuat kemampuan tempur pasukan daratnya.

Selain alutsista itu, sebelumnya Rusia telah menyerahkan 30 tank T-72MS kepada Serbia dan 30 pengangkut personel lapis baja BRDM-2MS.

Dari 2018 hingga Februari 2020, Rusia telah menyumbangkan 4 helikopter Mi-35M, 6 pesawat tempur MiG-29, 10 mobil pengintai lapis baja amfibi BRDM-2, tiga helikopter angkut Mi-17V-5, dan sistem senjata Rudal pertahanan udara Pantsir-S1 kepada Serbia sebagai bantuan teknis militer.

*Foto: Kornet-D ATGM launchers. (@Vitaly V. Kuzmin).