Teknologi Berkembang, Jangkauan dan Kemampuan Pantsyr Diperluas

Moskow, JakartaGreater  –  Pekerjaan modifikasi sistem Rudal/senjata permukaan-ke-udara Pantsyr-SM-SV yang baru akan selesai pada tahun 2022, ujar Kepala Pertahanan Udara Medan Perang Rusia, Letnan Jenderal Alexander Leonov dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Krasnaya Zvezda pada hari Jumat, 24-12-2021.

“Pekerjaan sedang dilakukan secara bersamaan untuk mengembangkan modifikasi sistem Rudal permukaan-ke-udara Pantsyr-SM-SV untuk Angkatan Darat dan Angkatan Udara. Sistem ini akan menggunakan dua jenis Rudal permukaan-ke-udara dan akan memiliki jangkauan serangan yang meningkat.  Pengerjaannya ditargetkan selesai pada 2022,” kata sang jenderal.

Rusia juga mengembangkan sistem Rudal anti-pesawat baru yang dijuluki Ptitselov yang akan menggunakan dua jenis Rudal dengan prinsip pengarah yang berbeda (Rudal pelacak termal dan laser), ujar kepala Pertahanan Udara Battlefield Rusia, dikutip TASS pada Jumat 24-12-2021.

Tahun depan, Rusia juga akan menyelesaikan pekerjaan pada kendaraan tempur Taifun-PVO untuk regu penembak anti-pesawat yang akan mampu menggunakan sistem pertahanan udara portabel (MANPAD) dan rudal permukaan-ke-udara baru. Peluncur saat ini sedang dikembangkan di bawah pekerjaan R&D Metka.

Rudal peluncur baru akan dilengkapi dengan hulu ledak optoelektronik yang tak tertandingi di dunia dan tahan terhadap gangguan optik yang ada dan yang akan datang, kata Letnan Jenderal Alexander Leonov.

*Foto: Pantsir-S1 air defence system.(@Vitaly V. Kuzmin)