Apel Pemberangkatan Skadron Perpindahan Lanud Halim Perdanakusuma

JakartaGreater    –  Pangkoopsau I Marsda TNI Ir. Tedi Rizalihadi S., M.M., memimpin apel pemberangkatan skadron move Lanud Halim Perdanakusuma pada Senin 3-1-2022  di Apron Suma I Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, dirilis Situs TNI AU.

Dalam sambutannya Pangkoopsau I mengatakan dengan akan dilaksanakannya revitalisasi Lanud Halim Perdanakusuma dan Bandara Halim Perdanakusuma oleh Kementerian Perhubungan RI, akan memberikan dampak bagi pelaksanaan tugas beberapa satuan di jajaran Lanud Halim P, baik dalam misi operasi dan latihan maupun dalam misi dukungan penerbangan VVIP/VIP.

Oleh sebab itu, perlu dilakukan reposisi sementara beberapa satuan yang berada di Lanud Halim Perdanakusuma untuk menjamin keberlangsungan pelaksanaan tugasnya.

“Nantinya, hasil dari revitalisasi yang dilaksanakan oleh Kemenhub RI ini akan diserahkan kepada Kemhan dalam hal ini TNI AU sebagai hibah,” kata Pangkoopsau I Marsda TNI Ir. Tedi Rizalihadi S.

Lebih lanjut Pangkoopsau I menyampaikan reposisi sementara ke tempat lain yang akan dilaksanakan oleh beberapa satuan di Lanud Halim Perdanakusuma ini merupakan salah satu bentuk dukungan dan juga kesiapan TNI AU dalam rangka mendukung program revitalisasi yang dicanangkan oleh pemerintah guna meningkatkan faktor keselamatan penerbangan, karena Lanud Halim Perdanakusuma dan Bandara Halim Perdanakusuma memiliki fungsi yang vital sebagai gerbang negara Ibukota.

Pangkoopsau I juga menjelaskan, beberapa satuan yang harus berpindah sementara adalah :

  • Skadron Udara 2, Skadron Udara 31 serta Skadron Teknik 021 yang akan ber home base di Lanud Husein Sastranegara Bandung.
  • Skadron Udara 17 yang akan melaksanakan tugas dari Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng.
  • Skadron Udara 45 akan tetap beroperasi dari Lanud Halim Perdanakusuma.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Pangkoopsau I menekankan beberapa hal, Yaitu :

  •  Pertama selalu utamakan faktor safety, security, serta keselamatan terbang dan kerja (lambangja) baik sebelum, saat, sesudah pelaksanaan skadron move serta selama berada di lokasi tugas sementara.
  • Kedua jalin koordinasi yang baik, dengan Lanud Husein Sastranegara maupun dengan stake holder yang berada di Bandara Soekarno hatta, ciptakan kondisi yang kondusif dan jaga marwah Lanud Halim Perdanakusuma.

“Kemudian, karena saat ini kita masih berada dalam kondisi pandemi, jangan lengah, tetap jaga kesehatan dan selalu terapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas,” kata Pangkoopsau I Marsda TNI Ir. Tedi Rizalihadi S.