PLA Navy Berlatih Pesawat J-15 Shenyang Berbasis Kapal Induk

JakartaGreater  – Angkatan Laut China terus melatih para pilot pesawat tempur J-15 Shenyang, untuk lepas landas, penerbangan dan pendaratan di lokasi yang disimulasikan sebagai kapal induk.

Dengan adanya rintangan yang sulit dan ketat, kurus pelatihan ini ditujukan untuk pembentukan kemampuan para pilot mengoperasikan J-15 Shenyang yang beroperasi di kapal induk (shipborne).

Pilot PLA Navy China Berlatih Operasikan Pesawat J-15 Shenyang Berbasis Kapal Induk. (@PLA Navy)

Para Taruna penerbangan juga dilatih dalam kondisi cuaca yang dingin ekstrem, untuk melakukan latihan tingkat teknis dan taktis yang keras, ungkap laman PLA Navy China, 8 Januari 2022.

Pesawat Tempur J-15 Shenyang

China telah memperbarui pesawat tempur J-15 berbasis kapal induknya untuk mampu lepas landas dengan catapult, yang menunjukkan bahwa kapal induk ketiga China kemungkinan akan dilengkapi dengan perangkat tersebut.

Sebagai gambaran kapal induk Liaoning China dapat mengoperasikan hingga 26 jet tempur Shenyang J-15 Flying Shark dan 12 helikopter, dengan total armada udara 38 hingga 40 pesawat.

Pilot PLA Navy China Berlatih Operasikan Pesawat J-15 Shenyang Berbasis Kapal Induk. (@PLA Navy)

Kapal induk Liaoning adalah kapal latih yang dimaksudkan untuk mengajar penerbang angkatan laut China dalam operasi kapal induk.

Adapun pesawat tempur Shenyang J-15 yang juga dikenal sebagai Flying Shark merupakan pesawat tempur carrier-based (basis kapal induk) yang dikembangkan oleh Shenyang Aircraft Corporation dan Institut 601 sebagai pesawat tempur carrier-based masa depan Angkatan Bersejata China (PLA).

Pesawat J-15 dibangun berdasarkan pada Sukhoi Su-33 yang dilengkapi dengan radar dan senjata buatan dalam negeri China.

Pilot PLA Navy China Berlatih Operasikan Pesawat J-15 Shenyang Berbasis Kapal Induk. (@PLA Navy)

China mengembangkan J-15 ini berdasarkan prototipe Sukhoi Su-33, yaitu T-10K-3, yang diperoleh dari Ukraina pada tahun 2001, lalu dipelajari dengan ekstensif oleh China. Kemudian lahirlah J-15 yang tampilan strukturalnya memang sama dengan dengan Sukhoi Su-33. Pesawat tempur J-15 ini pertama kali terbang pada tanggal 31 Agustus 2009.

Pesawat ini telah diujicobakan untuk landing dan take-off di atas kapal induk pertama China Liaoning dan berhasil. Para analis kedirgantaraan mengindikasikan bahwa J-15 yang akan menjadi bagian dari kapal induk China Liaoning.

*Foto cover: Pilot PLA Navy China Berlatih Operasikan Pesawat J-15 Shenyang Berbasis Kapal Induk. (@PLA Navy)