Satgas Pamtas Yonif M 643/Wns Perbaiki Jembatan Rusak di Perbatasan RI-Malaysia.

JakartaGreater  –  Akibat curah hujan yang tinggi mengakibatkan debit air sungai menjadi tinggi dan membuat jembatan penghubung jalan desa rusa, Satgas Pamtas Yonif mekanis 643/Wns bergerak cepat bersama warga karya bhakti memperbaiki jembatan yang rusak di Dusun Panga, Desa Semanget, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, dirilis Situs TNI AD pada Senin 17-1-2022.

Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P  mengatakan hal tersebut dalam keterangan tertulisnya pada Senin 17-1-2022 di Makotis Entikong, Kabupaten Sanggau.

Dansatgas mengatakan jembatan ini adalah satu-satunya akses utama masyarakat sebagai penghubung menuju ke ladang/kebun. Masyarakat beraktivitas sehari-hari melewati jalan ini. Jembatan ini rusak dikarenakan curah hujan tinggi mengakibatkan meluapnya air sungai dan membuat jembatan hanyut dan rusak.

Perbaikan jembatan yang rusak ini dilakukan oleh 6 personel Pos Panga dipimpin Danpos Letda Inf Yopi Prasetyo S.Tr (Han) bersama warga sebagai wujud kepedulian dan respons cepat Satgas Pamtas dalam mengetasi kesulitan masyarakat di wilayah binaan.

“Perbaikan jembatan difokuskan pada penggantian kerangka jembatan dan penggantian papan kayu, karena sudah rusak diterjang banjir,” jelas Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, karena selain untuk membantu mengatasi kesulitan dan meringankan beban masyarakat, juga sebagai sarana untuk menanamkan rasa kebersamaan dan persaudaraan antara TNI dengan masyarakat, ” kata Dansatgas Letkol Inf Hendro Wicaksono.

Di tempat terpisah, Danpos Panga Letda Inf Yopi Prasetyo S.Tr (Han) mengatakan kegiatan karya bhakti memperbaiki jembatan ini untuk mengatasi kesulitan masyarakat, di mana jembatan tersebut merupakan sarana penghubung satu-satunya menuju ke ladang.

“Harapan kami dengan terbangunnya kembali jembatan ini, masyarakat dapat kembali beraktivitas ke ladang/kebun dengan aman dan nyaman;” ujar Danpos Letda Inf Yopi Prasetyo.

Sementara itu Kadus Panga Cosmas Acung, mengucapkan terima kasih atas respons cepat dan partisipasi Satgas Pamtas untuk memperbaiki jembatan gantung tersebut.

“Sekali lagi terima kasih dan apresiasi kepada TNI yang dengan ikhlas turun langsung membantu kami, sehingga jembatan dapat digunakan kembali,” kata Kadus Panga Cosmas Acung.