Satgas Yonif MR 412 Kostrad Berikan Pelatihan Pemanfaatan Kayu Kepada Masyarakat Papua

JakartaGreater   –   Satgas Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad Pos Tiom melaksanakan pelatihan Bapa Bapa warga Kampung Konikme Distrik Tiom Lanny Jaya Kabupaten Lanny Jaya Papua untuk memanfaatkan potensi alam berupa kayu menjadi kerajinan rumah tangga yang bernilai ekonomis, dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah Lanny Jaya. Dirilis Penkostrad pada Jumat 21-1-2022.

Danpos Tiom Satgas Yonif MR 412 Kostrad Kapten Inf Firnando Sanjaya, S.T.Han menyampaikan hal tersebut  dalam keterangan tertulisnya  pada Kamis 20-1-2022 di Papua.

“Selain menjaga stabilitas keamanan yang menjadi tugas pokok kami di sini, kami juga ingin membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Papua khususnya yang berada di wilayah Lanny Jaya dengan memanfaatkan potensi atau sumber alam yang ada.

Kali ini Pos Tiom yang dipimpin oleh Letda Inf Abdul Rahim Harahap, S.Tr.Han telah memberikan bukti bahwa kayu yang merupakan potensi yang sangat tinggi di Papua dapat diolah menjadi kerajinan rumah tangga yang memiliki nilai ekonomi yang cukup baik, ” ujar Danpos Tiom Kapten Inf Firnando Sanjaya.

Pada kesempatan yang sama, Danpos Tiom Kapten Inf Firnando Sanjaya, juga menyampaikan bahwa kami memberikan beberapa ide bagaimana bahan pokok kayu ini dapat diolah menjadi bingkai dudukan pot bunga yang indah.

Tak kalah unik, beberapa ide kami latihkan bagaimana cara membuat rak sepatu dan lemari pakaian yang terlihat sederhana namun minimalis terlihat mewah, sehingga pakaian bisa disusun rapi di lemari,” jelas Kapten Inf Firnando Sanjaya.

Selanjutnya Kapten Inf Firnando Sanjaya mengatakan,  bahwa masih banyak lagi kerajinan rumah tangga lainnya yang bisa kami berikan kepada warga. Karena kita ketahui bersama bahwa potensi kayu di Papua ini sangat baik dan bervariasi serta mudah untuk didapatkan, sehingga peluang usaha ini baik untuk dijadikan mata pencaharian baru bagi masyarakat Papua.

Sementara itu, Yakub Jawiluk kogoya salah satu tokoh masyarakat yang turut dalam kegiatan tersebut mengaku senang dan mendapatkan ide yang baik dalam mengolah kayu.

“Saya sangat senang karena kayu-kayu ini dapat dijadikan barang kerajinan rumah tangga yang sangat bermanfaat bagi masyarakat bahkan bisa dijual”, ujar Yakub Jawiluk kogoya.