Australia Kini Miliki 54 Pesawat Tempur F-35A Lightning II

JakartaGreater – Angkatan Udara Australia (RAAF) terus memperkuat alutsistanya dengan mendaratnya empat pesawat F-35A Lightning II di Pangkalan RAAF Williamtown, Australia, antara 30 Agustus dan 2 September 2022.

Kedatangan pesawat tempur siluman ini menjadikan jumlah F-35A yang kini berbasis di Australia menjadi 54, dari total armada yang direncanakan sebanyak 72 pesawat, ungkap laman Kementerian Pertahanan Australia, 23/09/2022/

Pesawat terbaru yang bergabung dengan armada diterima oleh Skuadron 77, bagian dari Wing 81, Air Combat Group.

Komandan Wing, Tim Irlandia, yang membawahi Skuadron No. 77 mengatakan kedatangan alutsista ini menjadi langkah penting bagi kemampuan tempur F-35A Australia.

“Jet-jet baru ini memiliki peran peningkatan 10 persen dari pelatihan dan kapasitas tempur untuk wing tempur F-35A Australia yang sedang berkembang,” kata Wing Commander Irlandia.

Pesawat F-35A Lightning II A35-010 tiba di Pangkalan RAAF Williamtown. (@RAAF)

Pesawat terbaru ini terbang bersama melintasi Samudra Pasifik sebagai bagian dari Latihan Lightning Ferry 22-3, yang menjadi tugas pengiriman ketiga tahun ini.

Keempat pesawat tempur F-35A melakukan perjalanan dari Pangkalan Angkatan Udara Luke Amerika Serikat di Arizona, dengan pemberhentian trans-Pasifik yang dilakukan di Pangkalan Angkatan Udara Hickam di Hawaii, dan Pangkalan Angkatan Udara Andersen di Guam.

Keempat pesawat tempur didukung oleh elemen Grup Mobilitas Udara termasuk Tanker Multi-Peran KC-30A dari Skuadron No. 33 dan Globemaster C-17A dari Skuadron No. 36.

Komandan Wing Ireland mengatakan keberhasilan Latihan Lightning Ferry merupakan hasil dari perencanaan dan koordinasi yang rinci di seluruh Angkatan Udara.

“Semua feri adalah peristiwa kompleks yang membutuhkan sinkronisasi dan fleksibilitas dari seluruh Grup Tempur Udara, Grup Mobilitas Udara, kantor program Sistem Tempur Udara, cabang Sistem Tempur Aerospace, dan Pusat Operasi Udara,” kata Komandan Wing Irlandia.

“Keempat pesawat ini mewakili seperempat dari kemampuan skuadron tempur. Australia sekarang memiliki tiga perempat F-35A di dalam negeri,” kata Komandan Wing Irlandia.

“Skuadron 77 merayakan 80 tahun pelayanan tahun ini. Kami semua merasa sangat terhormat untuk secara cepat memajukan kemampuan F-35A kami”, ujarnya.

*Foto: Pesawat F-35A Lightning II terbaru Australia A35-053 dan A35-054 tiba di Pangkalan RAAF Williamtown. (Foto: Kopral Craig Barrett/ RAAF).