MBT Demonstrator Abrams X, Cikal Bakal Tank Next Generation AS

JakartaGreater – General Dynamics Land Systems menampilkan sebuah main battle tank (MBT) demonstrator, yakni AbramsX atau Abrams X, untuk dijadikan tank tempur utama next generation bagi Angkatan Darat Amerika Serikat (AS)

Abrams X merupakan sebuah teknologi demonstrator dari mbt next generation dengan bobot yang lebih ringan, untuk meningkatkan mobilitas dan kemampuan angkut dan memberikan jangkauan taktis yang sama dengan M1A2 Abrams (426 km) dengan konsumsi bahan bakar 50% lebih hemat, ungkap General Dynamics Land Systems, 9/10/2022.

MBT Abrams X akan dilengkapi dengan paket catu daya hibrida untuk mendukung strategi iklim dan elektrifikasi Angkatan Darat AS.

Selain itu juga untuk meningkatkan kemampuan yang senyap, pengurangan jumlah awak dan kemampuan mematikan didukung AI, kemampuan bertahan, mobilitas, dioperasikan oleh tim berawak/tak berawak (MUM-T) dan kemampuan otonom.

Abrams X dapat menjadi simpul kunci dalam jaringan medan perang yang mematikan dan berfungsi sebagai jembatan bagi Abrams SEPv3 dan SEPv4 hingga ke MBT masa depan.

M1A2 Abrams

M1A2 Abrams adalah tank tempur utama Angkatan Darat Amerika Serikat dengan kemampuan yang paling menonjol dibandingkan pendahulunya (M1A1) adalah adanya peningkatan penambahan Sistem Informasi Antar Kendaraan (IVIS.)

Sistem IVIS memungkinkan pertukaran informasi secara otomatis dan terus-menerus antar kendaraan tempur. Dengan memasukkan informasi yang disediakan oleh sistem Posisi/Navigasi (POSNAV) di tank, komandan unit dapat melacak lokasi dan kemajuan elemen bawahan secara otomatis, tanpa menugaskan awak kendaraan.

mbt abrams 2
M1A2 Abrams (@ U.S. Army / Master Sgt. Erick Ritterby)

Selain itu posisi musuh dapat diidentifikasi, diplot dan disebarluaskan, sementara laporan dan permintaan artileri dapat secara otomatis diformat, dikirim, dan diproses. Langkah-langkah kontrol grafik peta dan perintah operasional dapat didistribusikan dengan cepat melalui sistem IVIS.

*foto: General Dynamics Tampilkan MBT AbramsX Technology Demonstrator. (@ General Dynamics Land Systems)