Wamenhan dan Menko Polhukam Bahas Tindak Lanjut Program KFX/IFX

JakartaGreater – Wakil Menteri Pertahanan Indonesia (Wamenhan RI) M. Herindra melakukan pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, di ruang kerja Menko Polhukam, Jakarta, Senin, 17/10/2020.

Pertemuan yang dilaksanakan secara tertutup ini membahas langkah lanjutan program kerja sama jet tempur KFX/IFX antara Indonesia dan Korea Selatan.

Wamenhan RI Bertemu Menko Polhukam Bahas Tindak Lanjut Program KFX/IFX, 17/10/2022. (@ Kemhan RI)

Saat melaksanakan pertemuan dengan Menko Polhukam, Wamenhan M. Herindra didampingi oleh Kabalitbang Kemhan Marsda TNI Julexi Tambayong, Dir Renprogar Ditjen Renhan Kemhan Laksma TNI Supo Dwi Diantara, dan Dir Tekindhan Ditjen Pothan Marsma TNI Wajariman, ungkap Laman Kementerian Pertahan RI, 17/10/2022.


Prototipe Pesawat tempur KFX/IFX (KF-21 Boramae) melakukan penerbangan perdana 19/7/2022. (@ KAI Korea)

Meninjau Pesawat Tempur KFX/IFX.

Prototipe Pesawat tempur KF-21 Boramae 001 (KFX/IFX) melakukan penerbangan selebrasi pada 28 September 2022, di mana pesawat memamerkan kemajuan perkembangan kepada pejabat pertahanan Korea Selatan (Korsel) dan Indonesia, di Sacheon, Gyeongsang Selatan.

Dalam pertunjukan ini, pesawat KF-21 Boramae terbang selama 19 menit dengan roda pendaratnya ditarik.


Prototipe Pesawat tempur KFX/IFX (KF-21 Boramae) melakukan penerbangan perdana 19/7/2022. (@ KAI Korea)

Meskipun KF-21 001 telah melakukan penerbangan uji dengan roda pendarat yang ditarik mulai bulan Juli, ini adalah pertama kalinya penerbangan yang diungkapkan ke publik.

Pesawat prototipe pertama telah melakukan berbagai tes penerbangan sejak penerbangan pertamanya pada bulan Juli. Pesawat prototipe ke-2 hingga 6 dijadwalkan untuk melakukan pengujian dalam waktu dekat. Sebanyak 2.000 uji terbang sorti akan dilakukan KF-21 sebelum tahun 2026.

Keberhasilan flight test dari pesawat KF-21 Boramae merupakan bentuk nyata dari keberhasilan pengembangan pesawat tempur ini, dan merupakan sebuah perkembangan yang sudah lama ditunggu.


Prototipe Pesawat tempur KFX/IFX (KF-21 Boramae) melakukan penerbangan perdana 19/7/2022. (@ KAI Korea)

Pernyataan itu disampaikan oleh Wakil Menteri Pertahanan Indonesia (Wamenhan RI) M. Herindra kepada Menteri Pertahanan Korea Selatan, Lee Jong-Sup, dan Menteri DAPA (Defense Acquisition Program Administration), Eom Dong Hwan, saat menghadiri Ceremony of Celebration of KFX/IFX di Sacheon Air Base, Korea Selatan, 28/9/2022.

“Indonesia boleh bersikap optimis bahwa suatu saat kelak KF-21 Boramae akan menjadi bagian dari sistem pertahanan udara Indonesia”, ujar Wamenhan M. Herindra.

Herindra menambahkan, bahwa program pesawat tempur KFX/IFX merupakan program pengembangan bersama yang dilakukan oleh kedua negara, Korea Selatan dan Indonesia.

*foto cover: Prototipe Pesawat tempur KFX/IFX (KF-21 Boramae) melakukan penerbangan perdana 19/7/2022. (@ KAI Korea)