Pengembangan Roket Jarak Jauh 100 Km Ground to Ground R-HAN 450

JakartaGreater – Kementerian Pertahanan (Kemhan) Indonesia terus mengembangkan dan mendukung kemandirian alat utama sistem senjata (alutsista) nasional.

Puslitbang Alpalhan (Pusat Penelitian dan Pengembangan Alat Peralatan Pertahanan) Balitbang Kementerian Pertahanan melakukan supervisi terhadap program pengembangan Roket Jarak 100 Km Ground to Ground R-Han 450 pada tanggal 29 sampai 30 September 2022 di Pusat Riset Teknologi Roket ORPA BRIN (LAPAN) Rumpin, Bogor, Jawa Barat, ungkap laman Kementerian Pertahanan RI, 3/10/2022.

Tujuan dari Supervisi ini adalah untuk melaksanakan pengelolaan, pengarahan dan pengawasan dalam rangka memastikan bahwa kerja sama pengembangan Roket Jarak 100 Km Ground to Ground R-Han 450 dapat dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan kontrak yang sedang dilaksanakan dalam suatu periode waktu tertentu.

Adapun materi dalam kegiatan adalah:

1) Pembahasan tentang kemajuan kegiatan pengembangan roket jarak 100 km tahap II-IV pada bulan September 2022 sudah mencapai 89,03%;

2) Melaksanakan pengawasan tentang administrasi untuk kegiatan pengembangan roket berupa Log Book dari penelitian, Detail engenering design, laporan mingguan dan bulanan, serta naskah kajian;

3) Penyiapan rencana uji statis di mulai dari rencana pergeseran materiil roket yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober 2022 dilanjutkan pengujian X-Ray, sedangkan rencana kegiatan uji statis roket R-Han 450 jarak 100 km tahap II – IV akan dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2022 di Pameungpeuk Garut, Jawa Barat.

Pengembangan Roket Jarak Jauh 100 Km Ground to Ground R-HAN 450 (@ Kemhan RI)

Kegiatan supervisi dilanjutkan dengan peninjauan ke Laboratorium Insulasi Thermal dan HTPB melihat kesiapan Nozzle dan grafit serta pengecekan kesiapan Tabung dan pengecekan propelan serta packing dalam perencanaan pengiriman ke Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfir LAPAN Pameungpeuk Garut Jawa Barat.

Pelaksanaan Supervisi diikuti oleh personel dari Balitbang Kemhan yaitu: Laksma TNI Danto Yuliardi Wirawan, S.T. M.T, Kolonel Kav R. Herdianto Nuringtyas, S.Sos, M.I.P, Indah Kastiyowati, S.T.,M.M, Letkol Cpl Sarwoko, S.T, Letkol Cpl Duanrey Hutabarat, A.Md. Turut serta dalam kegiatan tersebut dari Tim Pusat Teknologi Roket LAPAN dan Tim PT Dahana .

Penyempurnaan Redesain R-Han 450

Sebelumnya pada tanggal 19 hingga 23 September 2022 Balitbang Kemhan (Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertahanan) khususnya Puslitbang Alpalhan (Pusat Penelitian dan Pengembangan Alat Peralatan Pertahanan) meninjau program pengembangan Roket Jarak 100 Km Ground to Ground R-Han 450 di Pusat Riset Teknologi Roket ORPA BRIN (LAPAN) Rumpin, Bogor, Jawa Barat.

Pengembangan roket jarak 100 km R-Han 450 ini merupakan program lanjutan yang direncanakan dalam empat tahap. Tahun 2022 ini sudah memasuki pada tahap ke II dari IV tahap yang direncanakan.

Pengembangan Roket Jarak Jauh 100 Km Ground to Ground R-HAN 450 (@ Kemhan RI)

Fokus kegiatannya lebih ditujukan kepada penyempurnaan redesain R-Han 450 dan peningkatan karakteristik motor roket. Penyempurnaan redesain ditujukan untuk mendapatkan rancangan motor roket yang diharapkan. Sedangkan pembuatan penyempurnaan struktur dilakukan dengan mempertebal grafit dan nozzle, penurunan burning rate propelan dan optimasi isian pyro teknik yang digunakan pada igniter.

Pelaksanaan penelitian dan pengembangan (Litbang) ini termasuk pembahasan tentang pengujian propelan dan struktur dengan radiografi/X-Rey, perencanaan kegiatan uji statis, pengetesan kekerasan dilanjutkan dengan penyinaran terhadap propelan dengan sinar berenergi tinggi (sinar X atau sinar gamma) yang dapat menembus benda uji dan membentuk bayangan pada film radiografi.

*foto cover: doc. Roket RHAN-450 (PT DAHANA)