Bertemu Prabowo, Menhan AS Ingin Terus Bantu Modernisasi Militer Indonesia

Menhan Austin menyatakan keinginannya untuk terus membantu memodernisasi militer Indonesia dan untuk memperkuat interoperabilitas antara Amerika Serikat dan Indonesia.

Kedua Menhan membahas kemajuan signifikan kerja sama pertahanan AS-Indonesia, termasuk perluasan cakupan latihan “Super” Garuda Shield digelar pada musim panas ini, yang merupakan latihan terbesar yang pernah dilakukan antara kedua negara.

Militer Indonesia dan Amerika Serikat terus meningkatkan kerja sama.

Menteri Pertahanan AS Lloyd J. Austin III bertemu dengan Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto pada 20 Oktober 2022, untuk membahas peluang kesepakatan lebih lanjut antara Amerika Serikat dan Indonesia mengingat kedua negara ingin mewujudkan visi bersama tentang Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, serta membahas berbagai isu yang menjadi perhatian global.

Menhan Austin menyampaikan apresiasi atas peran kepemimpinan Indonesia di ASEAN, di Indo-Pasifik, dan di dunia. Kedua menteri menekankan pentingnya kerja sama yang berkelanjutan mengingat dinamika keamanan regional yang semakin kompleks. Untuk mendukung tujuan ini, Menhan Austin menyatakan keinginannya untuk terus membantu memodernisasi militer Indonesia dan untuk memperkuat interoperabilitas antara Amerika Serikat dan Indonesia.

Kedua Menhan membahas kemajuan signifikan kerja sama pertahanan AS-Indonesia, termasuk perluasan cakupan latihan “Super” Garuda Shield digelar pada musim panas ini, yang merupakan latihan terbesar yang pernah dilakukan antara kedua negara.

menhan prabowo dan menhan as austin di amerika serikat
Menteri Pertahanan Indonesia bertemu Menteri Pertahanan AS Lloyd J. Austin III, di Pentagon, Virginia, AS, 20/10/2022. (@ Kementerian Pertahanan Indonesia)

Menhan Austin menyatakan dukungannya terhadap fokus Menteri Prabowo pada profesionalisasi militer dan mencatat bahwa Indonesia sekarang ini memiliki taruna di tiga akademi militer AS, dikutip Kedutaan Besar AS di Jakarta, 20/10/2022.

Menhan Austin juga menekankan pentingnya nilai-nilai bersama antara Amerika Serikat dan Indonesia sebagai dua negara demokrasi terbesar di dunia. Kedua menteri menegaskan kembali pentingnya memelihara aturan dan norma internasional guna menjaga wilayah Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Pertemuan kedua Menteri Pertahanan dilakukan di Gedung Pentagon, Virginia, AS, Kamis, 20/10/2022 pagi waktu setempat.

*foto: Menteri Pertahanan Indonesia bertemu Menteri Pertahanan AS Lloyd J. Austin III, di Pentagon, Virginia, AS, 20/10/2022. (@ Secretary of Defense Lloyd J. Austin III).