Menhan Prabowo Bertemu Lockheed Martin dan Boeing di AS

Dalam kunjungannya ke Amerika Serikat (AS), Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto juga melakukan pertemuan dengan Lockheed Martin dan Boeing untuk menjajaki potensi kerja sama dengan kedua perusahaan penerbangan itu, pada 19/10/2022, ungkap Kedutaan Besar Indonesia di Washington DC, 21/10/2022.

Menhan Prabowo Bertemu pihak Lockheed Martin dan Boeing di AS, 19/10/2022. (@ Indonesian Embassy in Washington DC, USA)

Dalam pertemuannya dengan pihak Lockheed Martin dan Boeing, Prabowo juga disambut dengan display grafik pesawat tempur F-15 IDN.

Menhan Prabowo Bertemu pihak Lockheed Martin dan Boeing di AS, 19/10/2022. (@ Indonesian Embassy in Washington DC, USA)

TNI Angkatan Udara memang sedang dalam proses pembelian pesawat tempur generasi 4,5, Dassault Rafale buatan Perancis dan F-15 EX buatan Amerika Serikat. TNI AU menginginkan pesawat generasi 4,5 dan menginginkan yang ‘heavy’ atau medium ke atas, karena telah memiliki F-16 dan Sukhoi.

Menhan Prabowo Bertemu dengan Sekretaris Angkatan Darat AS, Christine Wormuth, 19/10/2022. (@ Indonesian Embassy in Washington DC, USA)

Sebelumnya di hari yang sama (19/10/2022) Menteri Pertahanan Prabowo Subianto didampingi Duta Besar Indonesia untuk AS, Rosan P Roeslani, juga bertemu dengan Sekretaris Angkatan Darat AS, Christine Wormuth, untuk membahas cara meningkatkan kerja sama pertahanan antara Indonesia dan AS.

Kunjungan Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto ke AS, 19/10/2022. (@ Indonesian Embassy in Washington DC, USA)

Sementara esok harinya pada tanggal 20/10/2022, Prabowo Subianto bertemu dengan Menteri Pertahanan AS, Lloyd J. Austin III, di Pentagon, Virginia.

Menhan Austin menyatakan keinginannya untuk terus membantu memodernisasi militer Indonesia dan untuk memperkuat interoperabilitas antara Amerika Serikat dan Indonesia.

Kedua Menhan membahas kemajuan signifikan kerja sama pertahanan AS-Indonesia, termasuk perluasan cakupan latihan “Super” Garuda Shield digelar pada musim panas ini, yang merupakan latihan terbesar yang pernah dilakukan antara kedua negara.

*photo cover: Menhan Prabowo Bertemu pihak Lockheed Martin dan Boeing di AS, 19/10/2022. (@ Indonesian Embassy in Washington DC, USA)