Kemhan RI Monitoring dan Evaluasi Pengembangan Roket R-Han 450

Kemandirian untuk memiliki alat utama sistem senjata (alautsista), khususnya yang strategis adalah penting bagi pertahanan sebuah negara agar menjadi kuat dan disegani.

Untuk itu Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pertahanan (Kemhan) Indonesia melakukan monitoring dan evaluasi (monev) pada 19 Oktober 2022 di Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfir, BRIN, Kawasan Santolo, Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat.

Kegiatan yang dilakukan oleh Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan, ini untuk melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap pengelolaan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi capaian kegiatan, serta proses pengerjaan program, dalam rangka memastikan bahwa kerja sama pengembangan Roket Jarak 100 Km Ground to Ground R-Han 450 dapat dilaksanakan dengan baik dan benar, sesuai dengan ketentuan kerja sama Litbang yang sedang dilaksanakan dalam suatu periode waktu tertentu, ungkap situs Kemhan RI, 27/10/2022.

Pelaksanaan Monev dipimpin oleh Kabalitbang Kemhan Marsda TNI (Purn) Julexi Tambayong dan dibuka oleh Kapuslitbang Alpalhan Laksma TNI Danto Yuliardi Wirawan, S.T. M.T. Peserta yang hadir diantaranya adalah Kolonel Kav R. Herdianto Nuringtyas, S.Sos. M.I.P, Letkol Cpl Sarwoko, S.T, Dr. Arif Nur Hakim, M. Eng dari Tim Pusat Teknologi Roket LAPAN, dan Bapak Yusep Nugraha dari Tim PT Dahana.

Kemhan RI Monitoring dan Evaluasi Pengembangan Roket R-Han 450 (@Kemhan RI)

Kegiatan monitoring dan evaluasi juga menyertakan Tim Dalwasgiat Kol. Cpl Saiful S.E, beserta Tim Dalwasgiat.

Materi dalam kegiatan ini adalah:

1). Pembahasan tentang perkembangan kegiatan Litbang untuk pengembangan roket ground to ground jarak 100 km R-Han 450 sampai dengan bulan Oktober 2022.

2). Kesiapan uji statis pada tanggal 20 Oktober 2022 (hasil uji visual dan x-rey terhadap motor roket, mekanisme pengamanan uji statis motor roket, protokol uji statis motor roket).

Dengan adanya monitoring dan evaluasi ke II terhadap perkembangan dan kesiapan uji statis motor roket hasil Litbang pengembangan roket ground to ground jarak 100 km R-Han 450,diharapkan pelaksanaan uji statis motor roket dapat dilaksanakan dengan aman dan berhasil dengan baik.

*photo cover: dok. Roket R-Han 450 (@Kemhan RI)