Kopasgat Gelar Pelatihan Aerial Target Drone

Perkembangan teknologi yang sangat pesat menuntut peningkatan kemampuan prajurit Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI AU untuk terus berinovasi.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan uji fungsi pengadaan Arial Target Drone Kopasgat (Scrab II 245 dan Scrab II 246) yang dilaksanakan oleh para pelatih jajaran Kodiklat Kopasgat.

Uji fungsi dilakukan Jum’at, 28/10/2022, di area Lapangan Terbang TNI AU Pamengpeuk, Garut, Jawa Barat, ungkap laman facebook Kopasgat.

Kopasgat Gelar Pelatihan Aerial Target Drone (@ Kopasgat TNI AU)

Pelatihan yang dilaksanakan mulai tanggal 28 Oktober sampai dengan 08 November 2022.

Adapun materi pelatihan militer ini antara lain: dasar-dasar aerodinamika, operasional penerbangan, regulasi penerbangan pesawat tanpa awak /Drone Scrab 245 dan Drone Scrab 246.

Kopasgat Gelar Pelatihan Aerial Target Drone (@ Kopasgat TNI AU)

Selain itu juga dilaksanakan praktik lapangan yang terdiri dari Prosedur Pre Flight Check, Prosedur Take Off, Prosedur Penerbangan, Prosedur Post Flight Check, dan Prosedur Penyimpanan.

Tujuan dari kegiatan ini untuk membekali sekaligus meningkatkan kemampuan para pelatih di Kolat Kopasgat, dengan pemberian penambahan pengetahuan pengendalian Aerial Traget Drone sebagai sasaran dalam penembakan, maupun sebagai sarana pengintaian daerah sasaran.

Kopasgat Gelar Pelatihan Aerial Target Drone (@ Kopasgat TNI AU)

Diharapkan dengan adanya Aerial Target Drone ini dapat melatih para pengawaknya agar bisa melaksanakan latihan tanpa harus melibatkan pesawat udara secara langsung, melainkan cukup dengan menggunakan drone yang saat ini merupakan salah satu komponen dalam teknologi persenjataan terkini.

Usai latihan ini diharapkan dapat dilakukan uji gladi tugas tempur bagi Kopasgat dengan menggunakan sasaran latih yang riil pada serial Air Defense Exercise, serta dapat mengukur secara lebih nyata kemampuan bagi yang mengawaki.

Kopasgat Gelar Pelatihan Aerial Target Drone (@ Kopasgat TNI AU)

Uji fungsi dan pengadaan Arial Target Drone ini disaksikan oleh para Pejabat Mabesau antara lain: Kolonel Lek Gita Wisnuwardhana, S.T Kasubdisrudal Diskomlekau, Kolonel Kal Herry Yanto Kasubdismatleksen Dismatau, Kolonel Lek Bima Aryasena, dan lainnya.

Sedangkan dari Mako Kopasgat hadir: Kolonel Pas Nasser, S.T., M.Han Pgs. Asren Kopasgat, Kolonel Lek Cholik Priyanto. Askomlek Kopasgat, Letkol Pas Sigit Sasongko, serta dari pihak PT. Mitra Sembada Mulia.

Adapun peserta dan pelaku latihan terdiri dari Satuan jajaran Kopasgat dan Satkomlek.

*photo: Kopasgat Gelar Pelatihan Aerial Target Drone