Indonesia Komit Lanjutkan Proyek Kerja Sama Pesawat Tempur KFX-IFX

Wakil Menteri Pertahanan Indonesia M. Herindra melakukan courtesy call dengan mitra kerja pimpinan delegasi dari tiga negara peserta @Indo_defence, di hari pertama Indo Defence Expo and Forum 2022, Jakarta, Rabu, 2/11/2022.

Ketiga mitra kerja adalah Wakil Panglima Angkatan Bersenjata Timor Leste (F-FDTL) Mayjen Calisto Santos Coli; Wakil Menteri DAPA (Defense Acquisition Program Administration) Kang Hwan-seuk dari Korea Selatan; dan Direktur Utama Industri Pertahanan Kolombia, Gen. (ret) Ricardo Gomez Nieto, yang dilakukan secara terpisah.

Prototipe Pesawat tempur KFX/IFX (KF-21 Boramae) melakukan penerbangan perdana 19/7/2022. (@ KAI Korea)

Pada sesi pertemuan dengan Mayjen Calisto Santos Coli, dalam rangka mempelajari pengembangan industri pertahanan, delegasi dari Timor Leste dijadwalkan mengunjungi PT Pindad di Bandung pada tanggal 5 November 2022.

Kepada delegasi Korea Selatan, Wamenhan RI menyampaikan bela sungkawa atas insiden yang terjadi di Itaewon, dan menegaskan kembali komitmen Indonesia untuk terus melanjutkan proyek kerja sama pembangunan pesawat tempur KFX-IFX Boramae, ungkap laman facebook Kementerian Pertahanan RI, 3/11/2022.

Wakil Menteri Pertahanan Indonesia M. Herindra bertemu Wakil Menteri DAPA (Defense Acquisition Program Administration) Korea Selatan, Kang Hwan-seuk di Indodefence 2022, 2/11/2022. (@ Kemhan RI)

Sementara dalam pertemuan dengan Kolombia, Wamenhan RI M. Herindra mengatakan bahwa dengan karakter landscape dan geografi yang serupa antara Indonesia dan Kolombia, konsep kerja sama dalam bentuk jungle warfare counterinsurgency training cukup menarik untuk mulai dijajaki dan sepakat mencari peluang kerja sama dan latihan yang lebih solid.

Menutup kegiatan pada hari pertama Indo Defence Expo and Forum 2022, Wamenhan RI M. Herindra menggelar High Tea, sebagai resepsi sore hari sekaligus penyambutan dan apresiasi kepada para delegasi asing yang telah turut berpartisipasi dalam ajang pameran industri pertahanan di Indonesia ini.

*photo cover: Prototipe Pesawat tempur KFX/IFX (KF-21 Boramae) melakukan penerbangan perdana 19/7/2022. (@ KAI Korea)