Panser Badak Skyranger Tampil di Indodefence 2022

PT Pindad menampilkan berbagai produk terbaru hasil inovasi serta kolaborasi dengan mitra strategis pada ajang Indo Defence 2022 Expo & Forum yang berlangsung pada 2 hingga 5 November 2022, di Jakarta.

Dari lini kendaraan khusus, PT Pindad telah merampungkan Kendaraan taktis 4×4 Mobil Rekacipta Indonesia – MORINO MV CRUISER berbagai varian yang didesain untuk mendukung operasi di berbagai medan, termasuk varian elektrik yaitu, MORINO EV.

PT Pindad juga memperkenalkan kendaraan roda dua elektrik, Motor Rekacipta Indonesia – MORINO MOTO EV dengan desain motor BLDC buatan Pindad serta memiliki estimasi TKDN 80%.

Kendaraan taktis 4×4 Mobil Rekacipta Indonesia – MORINO MV CRUISER di Indodefence, Jakarta, 2/11/2022. (@ PT Pindad)

PT Pindad juga menghadirkan Kendaraan Tempur (Ranpur) Anoa3 6×6 kerja sama strategis dengan Arquus, Prancis.

Pada Indodefence 2022 ini PT Pindad jug menghadirkan Kendaraan tempur/ panser Badak 6×6 light multi role air defence system yang dilengkapi kanon oerlikon skyranger 30 mm antipesawat yang juga efektif untuk target di daratan, hasil kerja sama strategis dengan Rheinmetall, Jerman, ungkap laman facebook PT Pindad, 5/11/2022.

Panser Badak dengan turret Oerlikon Skyranger 30 mm (@ PT Pindad)
Panser Badak dengan turret Oerlikon Skyranger 30 mm (@ PT Pindad)

Munculnya Panser Badak dengan turret Oerlikon Skyranger 30 mm ini merupakan terobosan baru.

Sebelumnya Korps Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI AU telah memiliki senjata penangkis udara Oerlikon Skyshield 35mm, namun bersifat statis.

Senjata penangkis udara Oerlikon Skyshield TNI AU . (@ photo : TNI AU)

Kini dengan adanya Panser Badak Skyranger 30 mm, ke depannya TNI AU bisa memiliki pengangkis serangan udara kanon 30mm yang bersifat mobile.

Sementara dari lini senjata PT Pindad menampilkan SS Amphibious, senjata gatling dan SS Blackout.

Pengunjung booth pameran PT Pindad juga dapat mencoba inovasi produk di bidang IT, yaitu simulator senjata. Dinamakan “Pasupati”, PT Pindad bekerja sama dengan UNS (Universitas Negeri Sebelas Maret) menciptakan simulator menembak menggunakan senjata PT Pindad pada ruang virtual.

Senjata SS Amphibious PT Pindad di Indodefence, Jakarta, 2/11/2022. (@ PT Pindad)

Pengunjung yang mencoba Simulator Pasupati dapat mencicipi sensasi menembak yang dikondisikan dengan situasi nyata melalui perangkat berbentuk senapan SS2-V5 A1.

Adapun dari lini Munisi, Pindad bekerja sama dengan mitra strategis Nexter menampilkan Munisi tank 120 mm generasi terbaru meliputi SHARD APFSDS, High Explosive dan untuk pelatihan.

*photo cover: Panser Badak 6×6 light multi role air defence system yang dilengkapi kanon oerlikon skyranger 30 mm. (@ PT Pindad).