PT PAL, Lundin Industry Invest dan Kongsberg Garap Kapal Perang Baru

PT PAL Indonesia terus bergerak untuk membangun kemampuannya dalam memproduksi berbagai alutsista militer jenis kapal perang modern.

Setelah sukses dengan pengembangan produk alutsista Fast Patrol Boat (FPB) hingga Kapal Cepat Rudal (KCR), kini PT PAL Indonesia sebagai lead integrator menggandeng galangan kapal nasional dalam mengembangkan produk kapal perang terbaru dengan jenis Kapal Serang Ringan (KSR).

Desain Kapal Serang Ringan (@ PT Lundin Industry Invest)
Desain Kapal Serang Ringan (@ PT Lundin Industry Invest)

“Negara kita adalah negara kepulauan yang memiliki banyak wilayah perairan untuk dipastikan keamanannya, tentunya bukan hanya untuk kapal-kapal besar. Tapi kapal kecil yang berkecepatan tinggi, mampu mengakses wilayah perairan dangkal, dan memiliki kemampuan tembak yang besar” ujar CEO PT PAL Indonesia, Kaharuddin Djenod, dikutip laman PT PAL Indonesia, 3/11/2022.

Desain Kapal Serang Ringan (@ PT Lundin Industry Invest)
Desain Kapal Serang Ringan (@ PT Lundin Industry Invest)

CEO PT PAL Indonesia Kaharuddin Djenod melakukan penandatanganan MoU dengan mitra strategis asal Norwegia yakni Kongsberg, yang diwakili oleh Frank Tveiten sebagai Vice President Naval Systems, di hari kedua Indo Defence 2022, di Jakarta.

PT PAL juga mengajak galangan kapal nasional PT Lundin Industry Invest, yang diwakili oleh John Lundin selaku CEO.

“Maka KSR atau Kapal Serang Ringan yang memiliki displacement seberat 33 Ton, dikembangkan melalui kerjasama antara 3 perusahaan yakni PAL, Kongsberg, dan Lundin. Kerja sama ini akan menghasilkan suatu produk yang diharapkan menjadi terobosan bagi pertahanan laut Indonesia, dengan panjang sekitar 20 meter namun memiliki kemampuan persenjataan yang tangguh. Maka KSR ini akan menjadi garda terdepan bagi strategi maritim secara keseluruhan” ujar CEO PT PAL pada kesempatan itu.

Desain Kapal Serang Ringan (@ PT Lundin Industry Invest)

Memahami akan besarnya potensi pasar dalam negeri akan kebutuhan Alutsista yang menjalankan misi pemukul utama, PT PAL Indonesia bersama PT Lundin Industry Invest tengah mengembangkan desain Kapal Serang Ringan (KSR). Dengan track record Lundin bidang teknologi komposit, menjadikannya sebagai salah satu mitra strategis untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri.

Selain itu, kolaborasi semakin menguat dengan adanya mitra global yang memiliki proven experience pada system persenjataan yaitu Kongsberg, Norwegia.

Kerja sama strategis ini akan berfokus pada bidang integrasi sistem, sensor dan persenjataan pada Kapal Serang Ringan (KSR).

Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto berbincang dengan John Lundin di Indodefence 2022, Jakarta. (@ PT Lundin Industry Invest)

Masih dalam rangkaian acara pameran Indo Defence 2022, salah satu rangkaian kegiatan adalah pameran Alutsista kapal perang atau Naval Ship Display dalam tajuk Indomarine 2022 yang berlokasi di Dermaga Penyeberangan TNI AL Pondok Dayung, Jakarta.

Penyelenggaraan penandatanganan MoU kali ini dilaksanakan tepat di atas Kapal Rumah Sakit KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991 yang juga merupakan produk unggulan PT PAL.

Penandatanganan MoU ini turut disaksikan oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo atau yang mewakili, Duta Besar Negara sahabat, Direktur Utama anggota holding Defend ID, perwakilan keluarga dr. Wahidin Sudirohusodo serta jajaran petinggi negara lainnya.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Kepala Staf Angkatan Laut Bapak Yudo Margono menyaksikan penandatanganan kerja sama antara PT PAL Indonesia, Kongsberg, dan PT Lundin di Indodefence 2022, Jakarta, 3/11/2022. (@ PT PAL Indonesia)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Kepala Staf Angkatan Laut Bapak Yudo Margono menyaksikan penandatanganan kerja sama antara PT PAL Indonesia, Kongsberg, dan PT Lundin di Indodefence 2022, Jakarta, 3/11/2022. (@ PT PAL Indonesia)

Dengan kerja sama strategis ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan penguasaan perusahaan khususnya dalam bidang produksi kapal komposit. Kolaborasi ini juga diharapkan dapat memberi nilai tambah akan kapabilitas galangan kapal nasional dalam mendukung armada pertahanan TNI AL.

Menteri Pertahan RI Bapak Prabowo Subianto turut memberi apresiasi atas dedikasi TNI AL serta kinerja PAL sebagai industri pertahanan dalam negeri. “Kita harus bangga putra-putri Indonesia sudah mampu membuat kapal-kapal yang cukup rumit dan cukup besar. Selamat kepada PT PAL dan jajaran yang sudah bekerja keras. Sesungguhnya kekuatan Angkatan Laut adalah kebanggaan seluruh bangsa dan rakyat Indonesia” ujar Prabowo Subianto.

*photo cover: Desain Kapal Serang Ringan (@ PT Lundin Industry Invest)