PT PAL dan Havelsan Sepakat Garap CMS dan Sistem Tempur Fregat

PT PAL Indonesia teken nota kesepahaman (MoU) dengan perusahaan  HAVELSAN Turki untuk kerja sama CMS dan sistem tempur kapal perang jenis fregat.

Penandatanganan dilakukan dalam event Indodefence 2022, di Jakarta, 3 November 2022, yang dihadiri jajaran BoD dan pejabat dari PAL serta HAVELSAN, ungkap laman PT PAL Indonesia, 8/11/2022.

“PT PAL membuka kerja sama dengan Havelsan untuk beberapa project kapal perang, baik kapal baru maupun refurbishment di mana Havelsan akan membantu dan menjamin independensi sistem dan juga kemandirian Industri Pertahanan di masa depan.” ungkap CEO PT PAL Indonesia.

PT PAL dan Havelsan Teken MoU Kerja sama Garap CMS dan Sistem Tempur kapal perang Fregat, di Jakarta, 3/11/2022. (@PT PAL Indonesia)

Baca juga: Pindad dan Norinco Teken MoU Pengembangan Rudal Anti Tank

CEO PT PAL Indonesia, Kaharuddin Djenod bersama CEO HAVELSAN Mehmet Akif Nacar, menandatangani MoU tentang kerja sama di bidang sistem tempur untuk kapal Fregat.

Kerja sama dengan HAVELSAN akan fokus pada penyediaan Combat Management System (CMS) dan integrasi persenjataan pada alutsista kapal Fregat, yang diharapkan melalui kerja sama ini dapat mengakomodir kebutuhan pengguna.

Hubungan diplomasi yang baik, antara Indonesia dan Turki memiliki peran andil dalam terlaksananya agenda ini.

Sebagai penyedia sistem manajemen tempur, HAVELSAN menyatakan mampu mengintegrasikan sistem manajemen tempur secara custom (pesanan khusus). Kebutuhan ini ditujukan, karena kapal perang Fregat merupakan salah satu proyek strategis bangsa Indonesia, di mana kedaulatan maritim Indonesia salah satunya akan bergantung pada pengoperasian kapal perang ini.

Baca juga: Upgrade Level Pertahanan, Indonesia Siapkan Anti Drone

Combat Management System Havelsan

Atas MoU itu, Havelsan mengatakan Angkatan Laut Indonesia akan menggunakan Network Supported Data Integrated Combat Management System ADVENT SYS.

ADVENT SYS, yang dikembangkan Havelsan bersama dengan Komando Angkatan Laut, akan diintegrasikan ke dalam kapal kelas KCR-60 dan OPV class.

HAVELSAN merupakan salah satu perusahaan perangkat lunak terbesar di Industri Pertahanan Turki. Adapun teknologi sedang dikembangkan meliputi: Robotika dan Otomatisasi, Data Besar dan Kecerdasan Buatan, Komunikasi Seluler yang Aman, dan Augmented Reality.