Indonesia-Prancis Kerja Sama Pertahanan dan Kedirgantaraan

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendampingi Presiden Joko Widodo dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Prancis, Emmanuel Macron, di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali 2022 di Hotel Apurva Kempinski, Badung, 15/11/2022.

“Sebuah kehormatan dapat bertemu lagi dengan Anda, di Bali, Presiden Emmanuel Macron,” ujar Menteri Pertahanan Prabowo, dikutip laman Kementerian Pertahanan RI.

Membahas Kerja Sama Pertahanan dan Kedirgantaraan

Pertemuan bilateral antara Indonesia dan Prancis hari itu, salah satunya membahas kerja sama pertahanan dan kedirgantaraan kedua negara.

Pertemuan Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo dengan Presiden Prancis, Emmanuel Macron di sela-sela KTT G20 Bali, 15/11/2022. (@ Kemhan RI)

Kerja sama ini diharapkan tidak terbatas pada pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) semata, tapi juga mencakup produksi bersama, alih teknologi, serta investasi manufaktur.

“Saya harapkan berbagai proyek pertahanan ini dapat segera kita tindak lanjuti. Saya sambut baik rencana dialog 2+2 antara Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan kita untuk membahas isu-isu strategis di kawasan,” ujar Presiden Jokowi.

Baca juga: Pesawat Tempur Rafale, Jet Tempur KFX/IFX dan Kemandirian Indonesia

Pesawat Tempur Rafale

Saat ini Indonesia dalam proses pembelian 42 unit pesawat tempur Dassault Rafale dari Prancis. Pada tahap pertama akan datang 6 unit Rafale di tahun 2026, setelah kontraknya efektif pada September 2022. Adapun 36 unit pesawat tempur Rafael lainnya akan menyusul.

*photo cover: Pesawat tempur Rafale (@ Dassault Aviation – ERIDIA/ V. Almansa)