Radar PY-4 Lockheed Martin Perkuat Pertahan Udara Norwegia

Militer Angkatan Udara Kerajaan Norwegia memilih radar pengawasan udara berbasis darat, TPY-4 Next Generation, Lockheed Martin, untuk meningkatkan kemampuan pengawasan jarak jauh negara itu.

“Kami bersyukur dipilih untuk membantu melindungi keselamatan warga Norwegia. TPY-4 adalah radar kemajuan berkelanjutan dari visi Keamanan Abad ke-21 yang mendukung semua operasi domain bersama untuk Amerika Serikat dan sekutunya,” kata Chandra Marshall, wakil presiden Sistem Radar dan Sensor di Lockheed Martin, ungkap laman Lockheed Martin, 17/11/2022.

“Norwegia bergabung dengan Angkatan Udara AS sebagai mitra NATO pertama kami untuk radar TPY-4, dan kami berharap dapat menawarkan radar ini untuk mengatasi tantangan mitra internasional yang terus berkembang.”

Radar TPY-4 Next Gen dapat disesuaikan dengan misi baru melalui peningkatan perangkat lunak sederhana tanpa perubahan arsitektur atau perangkat keras.

radar
Radar PY-4 Lockheed Martin Perkuat Pertahan Udara Norwegia (@ Lockheed Martin)

Radar TPY 4 dapat mengidentifikasi dan melacak ancaman yang lebih kecil pada jarak yang lebih jauh dari sebelumnya.

Sistem multi-misi ini akan terintegrasi dengan mulus ke dalam sistem pertahanan udara yang ada dan dapat beroperasi di lingkungan yang diperebutkan.

“Ancaman yang harus dilawan oleh radar pertahanan udara semakin meningkat dan persyaratan operasional yang ditingkatkan memerlukan radar yang lebih mampu, termasuk mendeteksi target kecil pada jarak yang lebih jauh, tindakan perlindungan elektronik yang ditingkatkan, dan pelacakan target.

Baca juga: Radar Indonesia, Satelit Militer dan Tantangan Rudal Hipersonik

Radar TPY-4 akan memberi rakyat Norwegia kepercayaan keamanan tanah air selama beberapa dekade mendatang,” kata Øyvind Kvalvik, Mayor Jenderal dan Kepala Akuisisi di NDMA, di Oslo.

“Inisiatif penggantian ini sangat penting bagi negara kami, dan kami sangat bersemangat untuk menambahkan radar ini ke sistem pertahanan kami.”

Radar TPY-4 Norwegia akan diintegrasikan ke dalam jalur produksi aktif Lockheed Martin, menjadikannya opsi berisiko rendah untuk Badan Material Pertahanan Norwegia.

Pada bulan Maret, Angkatan Udara AS memilih sistem radar TPY-4 untuk program Radar Ekspedisi Jarak Jauh Tiga Dimensi.

Industri Norwegia telah menjadi mitra penting dalam pengembangan radar TPY-4. Lockheed Martin memanfaatkan basis pemasok Norwegia yang luas untuk sistem radar ini.

Secara khusus, hubungan dengan KONGSBERG Defense & Aerospace menghasilkan produksi TPY-4 pertama yang mencakup Platform Electronics SubSystem (PES) yang dibangun oleh KONGSBERG, elemen penting dalam fondasi sensor generasi berikutnya yang memenuhi dan melampaui pelanggan saat ini persyaratan untuk pengawasan jarak jauh.

“Hubungan kuat kami dengan Lockheed Martin mencontohkan pentingnya membangun kemitraan yang tahan lama dan tepercaya untuk melayani pelanggan nasional dan internasional. Bersama-sama kami akan mengirimkan produk kelas dunia dalam teknologi radar ke Angkatan Bersenjata Norwegia.

radar
Radar PY-4 Lockheed Martin Perkuat Pertahan Udara Norwegia (@ Lockheed Martin)

Kontrak ini tidak hanya penting bagi kami sebagai mitra strategis Angkatan Bersenjata Norwegia tetapi juga bagi subkontraktor kami di Norwegia,” kata Eirik Lie, presiden KONGSBERG.

Radar TPY-4 memiliki kesamaan yang signifikan dengan radar Sentinel A4 Angkatan Darat AS yang baru, yang akan menggantikan Sentinel A3.

Radar untuk Keamanan Abad 21

Lockheed Martin terus berinvestasi dalam memajukan kemampuan radar digital untuk menghadapi ancaman yang terus berkembang yang dihadapi oleh negara-negara di seluruh dunia.

Radar TPY-4 adalah bagian dari upaya berkelanjutan Lockheed Martin untuk memanfaatkan teknologi yang telah terbukti untuk radar pengawasan udara jarak jauh.

Sistem radar solid-state Lockheed Martin yang berperforma tinggi,  dan andal, berspesialisasi dalam akuisisi target yang jumlahnya balasan, peringatan dini, kesadaran situasional, serta pertahanan udara dan rudal terintegrasi.

*photo: Radar PY-4 Lockheed Martin Perkuat Pertahan Udara Norwegia (@ Lockheed Martin)