Ukraine Contact Group Modernisasi Tank T-72B untuk Ukraina

Amerika Serikat bukan satu-satunya negara yang memberikan dukungan. “Sejak Contact Group terakhir kami bekerja, tujuh negara telah mengirimkan sistem pertahanan udara ke Ukraina atau berkomitmen untuk mengirimkannya,” kata Menteri Pertahanan AS, Lloyd J. Austin III.

“Itu akan menyelamatkan nyawa pria, wanita, dan anak-anak Ukraina yang tidak bersalah dan membantu angkatan bersenjata Ukraina mempertahankan langit mereka.”

Hasil lain dari “Ukraine Contact Group” adalah, Amerika Serikat, Belanda dan Republik Ceko bekerja sama untuk memodernisasi 90 tank T-72-B untuk Ukraina.

Menteri Pertahanan AS, Lloyd J. Austin III mengatakan “Ukraine Contact Group” dibangun berdasarkan diskusi dan pertemuan sebelumnya.

“Kami akan membahas bagaimana cara terbaik untuk melatih dan mempersiapkan angkatan bersenjata Ukraina untuk membela negara mereka,” ujar Lloyd J. Austin III, dikutip laman Kementerian Pertahanan AS, 16/11/2022 .

Negara-negara Contact Group akan membahas upaya yang diperlukan untuk “memastikan bahwa Ukraina dapat terus mengkonsolidasikan perolehannya dan mempertahankan momentumnya di medan perang bahkan sepanjang musim dingin,” kata Austin.

Baca juga: Ukraina Sangat Membutuhkan Kemampuan Pertahanan Udara

“Kami akan mempertahankan momentum kami sepanjang musim dingin sehingga Ukraina dapat terus mengkonsolidasikan keuntungan dan merebut inisiatif di medan perang,” ujar Austin. “Pasukan Ukraina bertempur dengan keuletan dan tekad yang lebih besar.”

NASAMS

Austin mengatakan National Advanced Surface-to-Air Missile System (NASAMS) yang baru tiba, telah membantu Ukraina mernjatuhkan ancaman pesawat, rudal, dan pesawat tak berawak Rusia.

Ukraine Defense Contact Group telah berperan penting dalam memberikan kemampuan militer yang dibutuhkan Ukraina untuk melawan Rusia. Anggota Contact Group juga membantu melatih anggota dinas Ukraina dalam penggunaan kemampuan militer.

Menteri Pertahanan AS Lloyd J. Austin III menghadiri pertemuan ketujuh Ukraine Defense Contact Group meeting pada 16/11/2022 dan mengatakan kepada mitra internasional yang berkumpul bahwa upaya mereka telah membuat perbedaan dalam membantu militer Ukraina melawan Rusia.

Jenderal Angkatan Darat AS, Mark A, Milley, Ketua Kepala Staf Gabungan AS hadir bersama Austin. Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov juga hadir.

Pertemuan virtual itu terjadi sehari setelah laporan ledakan di Polandia dekat perbatasannya dengan Ukraina. “Kami akan terus bekerja sama dengan sekutu kami, Polandia, dan lainnya untuk mengumpulkan lebih banyak informasi,” kata Austin.

*photo: Tank T-72B1 Ukraina. (@14th Prince Roman the Great Mechanized Brigade / Ministry of Defense of Ukraine)