Kızılelma, Jet Tempur Tanpa Awak Turki Mulai Uji Coba

Jet tempur tanpa awak Turki, Bayraktar Kızılelma, mulai unjuk gigi dengan melakukan uji taxi, serta meluncur di jalur pacu pesawat, pada 20/11/2022.

Dengan pencapaian ini jet tempur tanpa awak bermesin tunggal ini, selangkah lebih dekat dengan penerbangan perdananya, ujar Ketua Dewan dan Pemimpin Teknologi Baykar, Selcuk Bayraktar. .

Alutsista jet tempur tanpa awak Kızılelma didisain untuk bisa melakukan pendaratan dan lepas landas di kapal induk berlandasan pendek/ Kapal Serbu Amfibi, seperti kapal TCG Anadolu. Hal ini akan merevolusi medan perang dengan kemampuan pendaratan yang baru ini.

Di saat yang bersamaan Turki saat ini sedang melakukan uji jelajah terhadap kapal serbu amfibi TCG Anadolu yang diharapkan akan memainkan peran penting dalam misi luar negeri berkat kemampuannya yang baru ini.

Bayraktar Kızılelma didisain untuk jejak radar rendah, memiliki bobot lepas landas 6 ton, dan akan menggunakan semua amunisi yang dikembangkan oleh Turki, untuk muatan sebesar 1,5 Ton, ungkap laman Anadolu Ajansi, 21/11/2022.

Baca juga: Prototipe ke-2 Pesawat Tempur KFX/IFX Sukses Terbang Perdana

Pesawat tempur tak berawak juga akan memiliki kewaspadaan situasional yang tinggi berkat radar AESA buatan dalam negeri Turki, dengan ketinggian operasional 10,6 Km.

Pesawat ini memiliki tambahan sepasang kontrol canard untuk meningkatkan kemampuan manuver, atau untuk lebih mengontrol aliran udara sayap utama.

Kızılelma (Turki: Apel Merah) diklaim dapat melakukan pertempuran udara ke udara seperti pesawat tempur berawak, namun dengan manuver yang agresif. Dengan kemampuan ini jet Kızılelma diyakini akan memberikan efektivitas terhadap target udara dengan manuver dan amunisi udara yang dimilikinya.

pesawat tempur tanpa awak
Mockup pesawat tempur tanpa awak Bayraktar Kızılelma (@ Selcuk Bayraktar)

Selama Teknofest 2022, Baykar mengumumkan setidaknya akan ada 3 varian Jet tempur tanpa awak Kızılelma dengan konfigurasi mesin yang berbeda. Mesin akan diproduksi oleh perusahaan patungan Turki-Ukraina, Black Sea Shield.

Jet tempur Kızılelma-A akan mampu mencapai kecepatan mendekati supersonik, ditenagai oleh mesin AI-25TLT. Kızılelma-B akan terbang dengan kecepatan supersonik, ditenagai oleh mesin tunggal Ukraina AI-322F. Dan terakhir Kızılelma-C akan menggabungkan 2 mesin AI-322F. Target ke depan Turki adalah menggunakan mesin turbofan TEI TF6000 buatan dalam negeri Turki

Kızılelma diharapkan terbang sebelum akhir tahun 2023.

*photo cover: Prototipe pesawat tempur tanpa awak Bayraktar Kızılelma (@ Baykar)