Untuk Pertama Kali Destroyer Jepang Tembakkan Rudal SM-3 Block IIA

Dua kapal perang Jepang, destroyer JS MAYA dan JS HAGURO berhasil melakukan uji peluncuran rudal SM-3 JS MAYA dan JS HAGURO, pada tangal 16 dan 19 November 2022.

Uji penembakan rudal canggih ini didukung oleh Angkatan Laut AS dan Badan Pertahanan Rudal AS untuk mengkonfirmasi fungsi dari dua destroyer ini dalam peran rudal pertahanan balistik (BMD), ungkap laman Japan Maritime Self-Defense Force (JMSDF), 21/11/2022.

SM-3 Block IIA adalah alutsista rudal pencegat untuk rudal pertahanan balistik BMD yang dikembangkan oleh A.S. bersama Jepang.

rudal
Destroyer Jepang JS HAGURO Tembakkan Rudal SM-3 Block IB (@ Japan Maritime Self-Defense Force)

Ini adalah pertama kalinya kapal perang Jepang menembakkan rudal SM-3 Block IIA dan keberhasilan ini semakin jauh meningkatkan kemampuan rudal pertahanan balistik (BMD) Jepang.

Baca juga: PT PAL, PT LEN dan Thales Upgrade Industri Pertahanan RI

Destroyer guided missile JS MAYA melakukan uji penembakan pada 16 November 2022, sementara destroyer JS HAGURO, melakukannya tanggal 19 November 2022.

Adapun lokasi uji penembakan dilakukan di Tests Area di sekitar Hawaii.

kapal perang jepang
dok Destroyer Jepang JS MAYA (@ Japan Maritime Self-Defense Force)

Cara Uji Coba Rudal Pertahanan Balistik

Destroyer JS MAYA dan JS HAGURO meluncurkan rudal SM-3 melawan target rudal balistik yang diluncurkan dari U.S. Navy Missile Range Facility, di Pulau Kauai.

Baca juga: Pesawat Tempur Rafale, Jet Tempur KFX/IFX dan Kemandirian Indonesia

Dalam uji coba ini kapal perang Jepang JS MAYA  yang memiliki bobot 10.000 ton dengan pajang 170 meter, meluncurkan rudal SM-3 Block IIA.

Launch SM-3 Block IIA (rudal pencegat upgrade yang dikembangkan bersama oleh Jepang dan A.S.). Sementara destroyer JS HAGURO menembakkan rudal SM-3 Block IB.

kapal perang destroyer
dok Destroyer Jepang JS HAGURO (@ Japan Maritime Self-Defense Force)

Hasil Uji Penembakan

Destoyer JS MAYA maupun JS HAGURO berhasil mencapai target di luar atmosfir.

Ini adalah pertama kalinya dua kapal perang Jepang melakukan Uji Peluncuran SM-3 pada periode yang sama. Kedua alutsista kapal perang Jepang ini melakukan Simulasi Peluncuran untuk mengkonfirmasi fungsi baru rudal pertahanan balistik BMD.

Adapun destroyer JS MAYA ditugaskan operasional bersama Japan Maritime Self-Defense Force pada 19 Maret 2020.

*photo cover: Destroyer Jepang JS MAYA Tembakkan Rudal SM-3 Block IIA (@ Japan Maritime Self-Defense Force)