Dua Varian Baru Kendaraan Tempur CV90 untuk Angkatan Darat Swedia

BAE Systems telah menandatangani kontrak lanjutan senilai $90 juta dengan Administrasi Bahan Pertahanan Swedia (FMV) untuk pengadaan alutsista dua varian baru kendaraan tempur CV90, yang ditambahkan ke program pemutakhiran CV90 RENO Swedia.

Kedua varian baru itu adalah: Kendaraan Pemeliharaan Garis Depan serta kendaraan Combat Engineer, untuk mendukung persyaratan Angkatan Darat Swedia

Kedua varian baru ini akan dikirimkan oleh perusahaan patungan Swedia BAE Systems, HB Utveckling AB, yang menggabungkan kemampuan manufaktur BAE Systems Hagglunds dan Bofors, ungkap laman BAE Systems, 16/11/2022.

Kendaraan Pemeliharaan Garis Depan (Forward Maintenance), akan memberikan dukungan, perbaikan, dan pemulihan bagi kendaraan lain yang kritis di garis depan, memastikan peningkatan ketersediaan kendaraan tempur secara keseluruhan.

Baca juga: Rheinmetall Pasok Main Battle Tank Leopard 2 A4 ke Slovakia

Adapun varian Combat Engineer akan secara signifikan akan meningkatkan kemampuan untuk memastikan pembersihan rute dan menangkal mobilitas dari pasukan musuh.

Kedua varian baru kendaraan tempur ini akan bergabung dengan formasi mekanis Angkatan Darat Swedia dengan pengiriman dijadwalkan antara tahun 2023 dan 2027.

Kendaraan tempur infanteri
Dua Varian Baru Kendaraan Tempur CV90 untuk Angkatan Darat Swedia (@ BAE Systems)

“Kami bangga bisa memproduksi dua varian CV90 baru ini untuk Angkatan Darat Swedia,” ujar Direktur pelaksana BAE Systems Hagglunds, Tommy Gustafsson-Rask.

“Pendekatan kolaboratif yang terlibat dalam program Swedia CV90 RENO telah diakui sebagai faktor kunci keberhasilan dalam mencapai solusi tepat waktu, seimbang, dan hemat biaya untuk memenuhi persyaratan kemampuan pelanggan. Kami berharap dapat mendukung pelanggan Swedia kami dalam meningkatkan efisiensi tempur mereka”, ujar ujar Direktur pelaksana BAE Systems Hagglunds.

Dua varian CV90 baru akan diproduksi di fasilitas BAE Systems Hägglunds di Ornsköldsvik, Swedia dan oleh Ritek di Levanger, Norwegia.

Baca juga: Pesawat Tempur Rafale, Jet Tempur KFX/IFX dan Kemandirian Indonesia

Ritek adalah salah satu mitra industri utama BAE Systems Hagglunds dalam program CV90 Norwegia. Peran Ritek dalam program Swedia ini merupakan tonggak penting, memindahkan Ritek ke dalam rantai pasokan CV90 internasional.

Ada sekitar 1.300 CV90 yang beroperasi dengan Denmark, Estonia, Finlandia, Norwegia, Swedia, Swiss, dan Belanda. Alutsista ini memiliki rekam jejak yang terbukti dalam pertempuran dan dirancang untuk mengakomodasi pertumbuhan di masa depan untuk memenuhi misi yang berkembang. Baru-baru ini, Slovakia dan Republik Ceko telah memilih CV90 untuk menggantikan armada kendaraan tempur infanteri warisan mereka.

CV90 kini tersedia dalam 17 varian dan dirancang untuk memberikan mobilitas optimal, dengan tingkat perlindungan tertinggi di segala medan atau lingkungan taktis. CV90 MkIV menggabungkan peningkatan kecepatan dan penanganan medan perang dengan arsitektur elektronik yang ditingkatkan untuk mendukung kemampuan pertumbuhan di masa depan seiring berkembangnya medan perang yang kompleks.

CV90 merupakan kendaraan tempur mobilitas taktis dan strategis yang bisa dipasang persenjataan untuk berbagai misi, termasuk: pertahanan udara, kemampuan anti-tank, kemampuan bertahan yang tinggi, serta perlindungan di segala medan atau lingkungan taktis.

*photo cover: Varian Baru Kendaraan Tempur CV90 untuk Angkatan Darat Swedia (@ BAE Systems)