Fregat Canggih FREMM-DA Lorraine Gabung ke AL Prancis

Kapal perang fregat multi-misi dengan kemampuan pertahanan udara yang ditingkatkan (FREMM-DA) Lorraine diterima oleh Angkatan Laut Prancis, pada 18/11/2022.

Seperti fregat Alsace, yang sudah beroperasi, fregat Lorraine Aquitaine-class memiliki kemampuan tempur yang mirip dengan FREMM, sekaligus dioptimalkan untuk pertahanan antipesawat.

FREMM DA Lorraine, merupakan fregat ke-8 dan terakhir yang dibangun oleh Naval Group untuk Angkatan Laut Prancis.

kapal perang fregat
Fregat Canggih FREMM-DA Lorraine Gabung ke AL Prancis (@Marine Nationale / French Navy)

“Awaknya sekarang akan menguji kemampuannya dalam berbagai situasi dan lingkungan untuk memimpinnya masuk ke layanan aktif”, ungkap twitter Marine Nationale (French Navy), 18/11/2022.

Baca juga: Mengenal Sistem Rudal Fregat FREMM Incaran Indonesia

Fregat FREMM DA Alsace dan Lorraine merupakan alutsista kombatan permukaan bersenjata lengkap, yang mengusung sistem dan peralatan senjata canggih seperti: radar multifungsi Thales Herakles, rudal permukaan ke udara Aster 15 dan 30, rudal anti-kapal Exocet MM 40 atau torpedo MU 90.

Kemampuan sistem tempur fregat ini diperkuat dengan peningkatan radar dan kapasitas komunikasi, radar pengendali tembakan baru, dan CMS yang dilengkapi fungsi pertahanan khusus anti-udara.

fregat prancis
Fregat Canggih FREMM-DA Lorraine Gabung ke AL Prancis (@Marine Nationale / French Navy)

Radar multi-fungsi Thales Herakles memiliki daya yang lebih kuat dengan modul pemancar yang lebih banyak serta gelombang tambahan. Dilengkapi dengan mode pencarian yang canggih, radar ini diintegrasikan untuk pertahanan udara jarak jauh, sehingga fregat FREMM DA Alsace dan Lorraine memiliki pertahanan udara yang meningkat.

Baca juga: Fincantieri Sebut Indonesia akan Beli 8 Fregat : FREMM dan Maestrale

Fregat FREMM untuk Indonesia

Program FREMM (Fregate Europeenne Multi-Missions / FREMM) merupakan proyek kerja sama industri Pertahanan Italia-Prancis untuk fregat generasi baru, yang memiliki garis dasar yang sama, tetapi berbeda dari satu negara ke negara lain sebagai fungsi dari persyaratan operasional yang berbeda.

Perusahaan multinasional Fincantieri pada 10/6/2021 mengumumkan akan menyediakan 8 kapal perang untuk Indonesia, terdiri dari 6 fregat FREMM yang dimodernisasi dan 2 fregat Maestrale class.

“Fincantieri, salah satu grup pembuat kapal terpenting di dunia, dan Kementerian Pertahanan Indonesia, telah menandatangani kontrak untuk penyediaan alutsista 6 fregat kelas FREMM, modernisasi dan penjualan 2 fregat kelas Maestrale, dan dukungan logistik terkait”, ujar rilis Fincantieri.

*photo cover: Fregat FREMM-DA Lorraine Prancis (@Marine Nationale / French Navy)