Jakarta Greater

Interaksi Jet Tempur F-35 Australia dengan RMAF, RSAF dan TNI AU

pesawat tempur f-35

Pesawat tempur siluman F-35 A Lightning II dari Angkatan Udara Australia (Royal Australian Air Force-RAAF) terbang dalam formasi bersama pesawat tempur Sukhoi Su-30MKM, F/A-18D Hornet dan Hawk MK108 di atas Butterworth Air Base, Malaysia selama latihan militer Elangaroo 22.

Elangaroo 22 merupakan latihan interaksi pesawat tempur udara-ke-udara RAAF dengan Angkatan Udara Kerajaan Malaysia (RMAF), yang digelar mulai 7 hingga 18 November 2022, ungkap laman Kementerian Pertahanan Australia.

Latihan tahun ini melibatkan pesawat F-35A Lightning II dan C-27J Spartan Australia untuk pertama kalinya.

Direktur Latihan Bersama RAAF, Kapten Grup Ravinder Singh, mengatakan tujuan dari latihan ini adalah untuk menguji dan meningkatkan integrasi kekuatan dan kesiapan gabungan antar negara.

pesawat tempur f-35
Pesawat tempur F-35 RAAF terbang bersama pesawat tempur Sukhoi Su-30MKM, F/A-18D Hornet dan Hawk MK108 RMAF. (@ RMAF / RAAF)

“Australia dan Malaysia memiliki hubungan jangka panjang dan sejarah melakukan latihan militer bersama,” kata Kapten Grup Singh.

“Latihan Elangaroo menampilkan kembalinya Skuadron 75 RAAF ke rumah lamanya di Butterworth, di mana ia menghabiskan 16 tahun tinggal dan bekerja bersama rekan-rekan RMAF dari tahun 1967 hingga 1983.

Baca juga: Kızılelma, Jet Tempur Tanpa Awak Turki Mulai Uji Coba

“Latihan khusus ini akan menampilkan serangkaian platform pertempuran udara modern yang mengintegrasikan seluruh geografi dan pola cuaca yang beragam dan menantang di semenanjung Malaysia.

pesawat tempur siluman
Pesawat F-35A Lightning II Angkatan Udara Australia dalam formasi tiga pesawat di Pangkalan Udara RMAF Butterworth, Malaysia selama Latihan Elangaroo 22. (@ LAC Adam Abela / RAAF)

“Kru akan menggunakan aset taktis RMAF dan RAAF, termasuk penerapan misi serangan dan kontrol udara, untuk melanjutkan saling pengertian yang ada di antara negara kita.”

Latihan seperti Elangaroo sangat penting untuk memastikan Angkatan Udara siap merespons, dan mendukung komitmen berkelanjutan terhadap stabilitas kawasan di kawasan Indo-Pasifik.

Kapten Grup Singh mengatakan pelatihan dan integrasi selama latihan akan secara langsung mendukung kemampuan Angkatan Udara untuk melakukan operasi.

“Elangaroo akan semakin memajukan kemampuan kami untuk memproyeksikan kekuatan udara dalam waktu singkat,” kata Kapten Grup Singh.

pesawat tempur f-35
Pesawat tempur F-35 RAAF terbang bersama pesawat tempur Sukhoi Su-30MKM, F/A-18D Hornet dan Hawk MK108 RMAF. (@ LAC Adam Abela / RAAF)

“Pekerjaan kekuatan yang kuat dan terintegrasi memerlukan perencanaan dan pelatihan yang cermat untuk memastikan bahwa jika diperlukan, upaya kami aman, efisien, dan efektif.”

F-35 Australia Bersama RSAF

Selama dua hari terakhir, jet tempur F-15SG dan F-16 The Republic of Singapore Air Force (RSAF) terbang bersama F-35 Angkatan Udara Australia, ungkap RSAF, 24/11/2022.

Selain pelatihan terbang, kedua angkatan udara membahas integrasi pesawat tempur Generasi ke-5 dan ke-4, serta persyaratan teknik dan pemeliharaan F-35 selama Simposium Pesawat Tempur, di Singapura.

formasi jet tempur
Jet tempur F-15SG dan F-16 RSAF terbang bersama F-35 RAAF (@ RSAF)

Interaksi profesional dengan kru pesawat tempur F-35 RAAF juga memungkinkan RSAF untuk mendapatkan pengetahuan teknis dan belajar tentang praktik terbaik untuk dimasukkan ke dalam rencana operasionalisasi F-35 Singapura.

Baca juga: PT PAL, PT LEN dan Thales Upgrade Industri Pertahanan RI

Pesawat Tempur F-35 ke Indonesia

Penerbang Royal Australian Air Force / RAAF berbagi pengalaman operasional dan pemeliharaan pesawat tempur F-35 kepada penerbang TNI AU, dalam acara “Interaksi TNI AU-RAAF”, di Lanud I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, 24/11/2022, ungkap instagram TNI AU.

Interaksi dan berbagi informasi ini bagian dari transit empat pesawat tempur F-35 dan satu C-130 Hercules RAAF di Lanud I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Kedatangan rombongan RAAF yang dipimpin WGCDR Martin Parker untuk melakukan refueling usai melakukan latihan Elangroo ’22 di Malaysia.

Letkol Pnb IGN Adi Brata menyebutkan, interaksi TNI AU-RAAF, selain sharing informasi, juga untuk berbagi pengalaman operasional dan pemeliharaan pesawat tempur F-35.

*photo cover: Pesawat tempur F-35 RAAF terbang bersama pesawat tempur Sukhoi Su-30MKM, F/A-18D Hornet dan Hawk MK108 RMAF. (@ RMAF / RAAF)

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest

Penulis:

Rojes Saragih

Tinggalkan komentar

Follow Us