Jakarta Greater

Kalahkan 2 Pesaing, Panser Centauro II Jadi Pilihan Militer Brasil

Panser Centauro II

Militer Angkatan Darat Brasil memilih panser Centauro II 120 mm buatan Konsorsium Iveco – Oto Melara (CIO) Italia, sebagai daftar teratas dalam proses pengadaan alutsista kendaraan tempur bagi Angkatan Darat Brasil, untuk masuk ke jajaran Kendaraan Lapis Baja Kavaleri Beroda (VBC Cav – MSR 8×8).

Panser kanon Centauro II 120 mm menempati urutan pertama dari daftar klasifikasi kendaraan tempur yang diincar Angkatan Darat Brasil, ungkap the Material Directorate of the Brazilian Army’s Logistic Command (COLOG), dikutip laman iveco-otomelara, 25/11/2022.

Baca juga: Dua Varian Baru Kendaraan Tempur CV90 untuk Angkatan Darat Swedia

Daftar urutan kedua ditempati oleh LAV700AG dari General Dynamics Land Systems dari Kanada. Sementara peringkat ketiga ditempati NORINCO ST1-BR asal China.

Menurut militer Brasil, perusahaan yang berada di peringkat pertama diundang untuk menandatangani kontrak awal untuk mengirimkan sampel kendaraan tempur pada 5 Desember 2022 ke Markas Besar Angkatan Darat Brasil.

Panser Centauro II
Panser Centauro II 120 mm (@ Iveco Otomelara)

Iveco Defense bukanlah kontraktor baru bagi Angkatan Darat Brasil, yang menyediakan layanan kendaraan taktis LMV-BR 4×4 dan kendaraan lapis baja amfibi Guarani 6×6 bagi Brasil.

Angkatan Darat Brasil diharapkan memberikan kontrak untuk setidaknya 98 Centauro II pada akhir tahun ini.

Kendaraan lapis baja Centauro II merupakan panser beroda 8×8 yang dilengkapi dengan persenjataan meriam generasi ketiga 120/45 mm.

Baca juga: Rheinmetall Pasok Main Battle Tank Leopard 2 A4 ke Slovakia

Sistem senjata Centauro II memberikan daya tembak yang setara dengan sebagian besar tank tempur utama modern dan mampu menembakkan semua amunisi generasi terbaru 120 mm, NATO APFSDS, dan amunisi MP multi-peran.

Panser Centauro II memiliki kekuatan dalam hal daya tembak, kemampuan pengamatan medan perang, mobilitas, penembakan akurat , komunikasi, serta peningkatan perlindungan awak.

Dilengkapi dengan powerpack modern 700HP dan transmisi H, kendaraan lapis baja 8×8 platform baru ini, menggunakan arsitektur serba digital dan turret generasi baru dengan meriam 120mm dan sistem kontrol Komunikasi Komando.

Hasilnya adalah platform lapis baja beroda inovatif  ini mampu untuk beroperasi di misi keamanan nasional hingga operasi pemeliharaan perdamaian dan dukungan termasuk semua intervensi yang melibatkan Angkatan Bersenjata.

Kendaraan lapis baja Centauro II merupakan evolusi dari kendaraan lapis baja Centauro I 105mm/120mm, sebagai kendaraan antitank beroda dengan senapan tekanan tinggi.

Centauro II juga mendapatkan modernisasi terkait transmisi, sistem pengereman dan kontrol elektronik.

Kontrol tekanan ban digital (CTIS), dipadukan dengan sistem run-flat, suspensi baru dan tekanan tanah nominal rendah memungkinkan kendaraan lapis baja Centauro baru untuk melepaskan diri dari semua jenis rintangan medan.

*photo cover: Panser Centauro II 120 mm (@ Iveco Otomelara)

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest

Penulis:

Rojes Saragih

Tinggalkan komentar

Berita Terkait

Follow Us

Terjemahan