Kendaraan Pengintai Tempur Boxer Australia Lakukan Debut Internasional

Salah satu kemampuan terbaru Angkatan Bersenjata Australia telah melakukan debut internasionalnya di tempat latihan militer di Singapura.

Dua kendaraan pengintai tempur Boxer termasuk di antara perlengkapan yang dibawa bersama pasukan amfibi Australia (AAF) di kapal HMAS Adelaide selama latihan militer Indo-Pacific Endeavour.

Tentara Angkatan Darat Australia menggunakan kendaraan tempur untuk beroperasi selama beberapa hari pelatihan di fasilitas pelatihan Murai Urban Singapura, ungkap laman Kementerian Pertahanan Australia, 30/11/2022.

Pemimpin pasukan Kapten Stefano Rankin mengatakan, pelatihan militer di fasilitas Murai memberikan kesempatan tentara untuk bekerja di medan asing dan membangun kompleksitas latihan.

kendaraan pengintai tempur
Kendaraan Pengintaian Tempur Boxer Australian Defence Force dalam latihan Indo-Pacific Endeavour 2022. (@ LSIS Nadav Harel – Australian Army / Defence.ov.au)

“Tujuan dari pelatihan yang kami lakukan di sini di Singapura adalah untuk menguji integrasi lapis baja Boxer dan infanteri bersama dengan pasukan gabungan pra-pendaratan dan elemen tempur darat. Ini melatih kemampuan kami untuk melakukan operasi perkotaan,” Kapten kata Rankin.

“Ini adalah pertama kalinya kendaraan tempur Boxer dikerahkan ke luar negeri dan ini menunjukkan kemampuan kami untuk menyebarkan untuk alasan kontingensi di wilayah kami.”

ADF mengakuisisi Boxer pada 2019 dan kendaraan mencapai kemampuan operasional awal sesuai jadwal pada pertengahan Oktober.

Baca juga: Interaksi Jet Tempur F-35 Australia dengan RMAF, RSAF dan TNI AU

Penempatan mereka ke Singapura adalah yang pertama yang signifikan, dan Kapten Rankin mengatakan menggunakan fasilitas pelatihan terdepan membantu pasukan mendapatkan lebih banyak pengalaman langsung dengan Boxers.

“Ini memungkinkan kami untuk melakukan berbagai tugas dan kompleksitas yang meningkat, dan menguji kemampuan kami untuk melakukan aktivitas di berbagai wilayah di seluruh dunia,” katanya.

kendaraan lapis baja pengintai tempur
Kendaraan Pengintaian Tempur Boxer Australian Defence Force dalam latihan Indo-Pacific Endeavour 2022. (@ LSIS Nadav Harel – Australian Army / Defence.ov.au)

Komandan Pasukan Pendaratan AAF, Kolonel Doug Pashley, mengatakan sangat bersemangat untuk menyebarkan kemampuan Boxer ke luar negeri.

“Ini adalah platform terbaik dunia, dan orang-orang kami beruntung memiliki kesempatan unik untuk bekerja dengan Boxers di Singapura untuk memberi mereka perspektif lain dan pelatihan langsung yang lebih luas,” kata Kolonel Pashley.

Proyek Combat Reconnaissance Vehicles Boxer 8×8

Kementerian Pertahanan Australia sebelumnya telah mengontrak Rheinmetall Defense Australia untuk mengirimkan 211 Combat Reconnaissance Vehicles (CRV) Boxer 8×8, untuk Angkatan Darat Australia.

Boxer 8×8 akan meningkatkan kemampuan Angkatan Darat yang signifikan untuk keselamatan, keamanan, dan perlindungan pasukan Australia selama 30 tahun ke depan.

Combat Reconnaissance Vehicles Boxer akan menggantikan Light Armored Vehicle Australia, yang telah beroperasi secara ekstensif sejak diperkenalkan pada tahun 1996.

kendaraan pengintai tempur dan prajurit
Kendaraan Pengintaian Tempur Boxer Australian Defence Force dalam latihan Indo-Pacific Endeavour 2022. (@ LSIS Nadav Harel – Australian Army / Defence.ov.au)

Boxer CRV akan beroperasi di berbagai lingkungan, mulai dari lingkungan pesisir di wilayah terdekat Australia, hingga lingkungan perkotaan yang kompleks.

Tingkat perlindungan, daya tembak, dan mobilitas yang tinggi yang disediakan oleh kendaraan akan memungkinkan operasi berkelanjutan, operasi yang bervariasi dari pemeliharaan perdamaian hingga pertempuran jarak dekat.

Pada tahap awal Rheinmetall Defense Australia telah mengirimkan 25 unit CRV Boxer pertama (dikenal sebagai kendaraan Blok I) ke Kementerian Pertahanan Asutralia. Kendaraan Blok I dibangun dan dirakit terutama di Jerman dan menjalani uji integrasi dan penerimaan akhir di Australia.

Baca juga: Wow, AS Perkuat Pertahanan Udara di Kawasan Indo-Pasifik

Dengan periode transisi yang disengaja, Boxer CRV yang tersisa (dikenal sebagai kendaraan Blok II) akan dibuat dan dirakit di Australia, di bawah ramp down bertahap di Jerman dan ramp up di Australia. Ini akan memungkinkan transfer teknologi progresif dari teknik manufaktur dan proses jalur perakitan ke Australia selama periode ini.

Resident Project Office di Hamburg terus mendukung pengiriman kemampuan tersebut dan akan beroperasi hingga Desember 2023.

Rheinmetall telah secara resmi membuka fasilitas Military Vehicle Center of Excellence (MILVEHCOE) di Redbank, Queensland, dan secara bertahap menjalin kontrak dengan sub-kontraktor utamanya di Australia.

Tenaga kerja Australia yang terlibat dalam pembuatan kendaraan akan digunakan untuk mendukung keberlanjutan, pengembangan progresif, dan peningkatan versi Boxer CRV. Mereka juga akan digunakan untuk mendukung peluang ekspor potensial.

Beberapa varian CRV akan dilengkapi dengan:

Rudal Berpanduan Anti-Tank; dan
Stasiun Senjata Jarak Jauh – Blok I (Kongsberg) dan Blok II (Sistem Elektro Optik).

*photo cover:
Kendaraan Pengintaian Tempur Boxer Australian Defence Force dalam latihan Indo-Pacific Endeavour 2022. (@ LSIS Nadav Harel – Australian Army / Defence.ov.au)

Tinggalkan komentar