Italia, Inggris, Jepang Garap Proyek Pesawat Tempur Generasi ke-6

Perusahaan Pertahanan dari Italia, Inggris, dan Jepang sedang terlibat dalam program pembuatan platform udara generasi keenam untuk operasi multi-domain di sektor pertahanan, yang akan beroperasi pada tahun 2035.

Proyek ini melibatkan Leonardo bersama dengan para pemimpin industri di bidangnya masing-masing: Avio Aero, Elettronica dan MBDA Italia serta seluruh rantai pasokan. Dari Inggris akan melibatkan BAE Systems, sementara Jepang diwakili Mitsubishi Heavy Industries.

Pengumuman dibentuknya mitra strategis Global Combat Air Programme (GCAP) akan memperkuat kerja sama udara tempur internasional antara Italia, Inggris dan Jepang.

Leonardo bergabung ke dalam mitra strategis Global Combat Air Programme (GCAP) yang bertujuan untuk menciptakan sistem generasi baru untuk operasi multi-peran, yang akan beroperasi pada tahun 2035, ungkap laman Leonardo, 9/12/2022.

Program yang melibatkan Italia, Inggris, dan Jepang, ini mewakili tantangan yang ditujukan untuk melindungi dan memperkuat kedaulatan teknologi dan industri nasional sambil memastikan kemakmuran, menjaga keterampilan spesialis, menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan daya saing sektor Kedirgantaraan, Pertahanan dan Keamanan di pasar internasional.

Baca juga: Sepakat, Dassault Aviation & Airbus Garap Pesawat Tempur Masa Depan

Program ini akan mencakup seluruh rantai pasokan Italia, termasuk universitas, pusat penelitian, dan perusahaan UKM serta industri yang terlibat, ungkap laman Leonardo, 9/12/2022.

Desain Proyek Pesawat Tempur Generasi ke-6/ Global Combat Air Programme
Desain Proyek Pesawat Tempur Generasi ke-6/ Global Combat Air Programme (GCAP) (@ Leonardo)

Italia, Inggris dan Jepang, melalui pemimpin industri nasional mereka Leonardo, BAE Systems dan Mitsubishi Heavy Industries, akan berkolaborasi dalam pengembangan teknologi untuk pesawat tempur generasi keenam yang akan beroperasi dalam system of systems concept. Selain Leonardo, yang telah berpartisipasi dalam program ini sejak 2018 melalui Leonardo UK, tim Italia akan melibatkan Avio Aero, Elettronica, dan MBDA Italia bersama dengan ekosistem inovasi dan manufaktur yang lebih luas di negara tersebut.

“Keputusan ketiga Pemerintah untuk memperkuat kolaborasi mereka dalam inisiatif strategis ini mencerminkan keefektifan dan janji kerja sama antara para mitra” kata CEO Leonardo Alessandro Profumo.

“Program yang menantang dan berwawasan ke depan untuk industri kedirgantaraan dan pertahanan ini akan menjamin otonomi teknologi bagi negara-negara yang terlibat dan memberi setiap Angkatan Bersenjata tingkat kinerja dan kemampuan operasional yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Program Udara Tempur Global (Program Udara Tempur Global) juga akan bertindak sebagai kekuatan pendorong untuk pengembangan lebih lanjut industri nasional dalam beberapa dekade mendatang, memberi manfaat bagi generasi mendatang. Kehadiran kami yang kuat di Inggris, Leonardo mewakili dua negara mitra, Italia dan Inggris, dalam program ini”.

Baca juga: B-21 Raider, Bomber Siluman Generasi ke-6, Apa Saja Kemampuannya?

“Industri kami” tambah Lucio Valerio Cioffi, Manajer Umum Leonardo, “berkat pengalaman mereka akan matang dalam proyek ini, dan akan dapat mengkonsolidasikan kepemimpinan mereka di tingkat Eropa dan internasional, serta memastikan otonomi teknologi dan kebebasan modifikasi. Program ini akan menghasilkan manfaat teknologi, ekonomi dan sosial jangka panjang untuk ketiga negara dan, pada saat yang sama, pertumbuhan berkelanjutan dan peningkatan daya saing bagi industri, tidak hanya di sektor pertahanan dan keamanan tetapi di seluruh ekosistem inovasi”.

Kolaborasi besar Eropa dan internasional adalah bagian dari DNA Leonardo, dengan perusahaan memainkan peran inti dalam program utama sektor ini termasuk, yang terbaru, Eurofighter Typhoon, F-35, dan Eurodrone.

Ambisi nasional adalah untuk mengembangkan model kolaborasi yang benar-benar inovatif antara Pertahanan dan industri yang dapat digunakan sebagai acuan untuk program-program masa depan. Dalam visi sistemik, bidang teknologi berkisar dari aeronautika hingga elektronik, dari ruang dunia maya hingga tenaga dan propulsi, memanfaatkan kecerdasan buatan, analitik data besar, komputasi kuantum, kembar digital, keamanan dunia maya, dan integrasi antara platform berawak dan tanpa awak, ungkap Manajer Umum Leonardo, Lucio Valerio Cioffi.

Joint Leaders’ Statement

Pada 9 Desember 2022, para pemimpin Jepang, Italia, dan Inggris mengeluarkan Pernyataan Pemimpin Bersama terkait kerja sama dalam pengembangan bersama pesawat tempur generasi mendatang oleh ketiga negara, ungkap laman Kementerian Pertahanan Jepang, 9/12/2022.

*photo cover: ilustrasi: desain proyek pesawat tempur Generasi ke-6. (@ Japan MoD)

Tinggalkan komentar