Tawaran Menggiurkan Prancis untuk Pembangunan Korvet Yunani

Siapa yang tidak tergiur, ditawarkan pembangunan kapal perang korvet modern yang kemampuannya seperti fregat ukuran medium, berikut transfer of teknologi, untuk dibangun di galangan kapal dalam negeri. Akankah Yunani berminat dengan tawaran dari Naval Group Prancis ini?

Prancis telah mengajukan tawaran yang sangat menarik untuk program pembangunan kapal perang jenis korvet bagi Angkatan Laut Yunani.

Pada 1 Desember 2022, Prancis menawarkan korvet yang dibangun berdasarkan Gowind class yang terbukti handal dengan jadwal pengiriman yang dioptimalkan.

Tawaran ini juga mencakup rencana partisipasi industri Yunani dengan 30% dari nilai program dikerjakan di Yunani beserta ratusan pekerja lokal, ungkap laman Naval Group, 12/12/2022.

Dalam hal transfer teknologi, maka korvet pertama akan dibangun di Prancis dalam 3 tahun dan unit berikutnya dibangun di galangan kapal Yunani.

Tawaran Prancis untuk korvet ini adalah paket komprehensif untuk memastikan Yunani memiliki kemampuan terbaik dalam jangka waktu terpendek, dengan biaya yang dioptimalkan, serta tingkat kesamaan tertinggi dengan kemampuan fregat FDI (fregat ukuran medium). Paket itu meliputi:

  • 4 korvet Gowind dengan 3 unit dibangun di Yunani oleh galangan kapal Yunani dan yang pertama di Prancis;
  • Transfer teknologi untuk konstruksi lokal ;
  • 30% dari nilai kontrak untuk Yunani dan ratusan pekerjaan jangka panjang;
  • Kemitraan jangka panjang dengan industri Yunani dan ekosistem pertahanan nasional dalam kelanjutan program fregat medium (FDI) Yunani. Sebuah pekerjaan bernilai tinggi;
  • Proposal pembiayaan berdasarkan pembayaran jangka panjang.

Transfer teknologi 
Naval Group menawarkan pengalaman mereka yang panjang dan memastikan transfer teknologi yang berhasil dan aman kepada para mitranya.

Program ini akan memaksimalkan keterlibatan perusahaan Yunani dan keberhasilan “Made in Greece” sambil menjamin kualitas, pengiriman tepat waktu kepada Angkatan Laut Yunani.

Baca juga: Wakasal: TNI AL Butuhkan Kapal Perang yang Hemat Bahan Bakar

Dalam perspektif itu, Naval Group menawarkan pilihan terbaik untuk memastikan produksi bebas risiko di Yunani oleh industri Yunani.

Pembangunan korvet Gowind class pertama di Prancis akan memastikan pengoperasian oleh Yunani dalam jangka waktu tersingkat dengan transfer hanya 3 tahun setelah berlakunya kontrak.

Korvet Gowind 2500 El Fateh Mesir. (@ US Navy - Petty Officer 3rd Class Ezekiel Duran)
Korvet Gowind 2500 El Fateh Mesir. (@ US Navy – Petty Officer 3rd Class Ezekiel Duran)

Unit berikut akan dibangun di Yunani oleh galangan kapal Yunani dan korvet pertama yang dibangun di Yunani, akan dikirimkan ke pihak militer hanya satu tahun setelah pembangunan unit pertama di Prancis. Korvet Gowind class berikutnya diproduksi dengan kecepatan 1 unit untuk setiap 12 bulan.

Pelatihan mitra Yunani selama produksi kapal pertama akan mengamankan transfer teknologi untuk memungkinkan pembangunan korvet di Yunani. Ini akan memastikan otonomi jangka panjang untuk Angkatan Laut Yunani dan manfaat ekonomi yang signifikan untuk industri angkatan laut dan pertahanan Yunani dan untuk rantai pasokan di Yunani.

Tim Prancis  merancang rencana kerja sama industri  yang akan berkontribusi pada revitalisasi industri angkatan laut Yunani sekaligus meningkatkan otonomi dan kedaulatan Yunani secara signifikan.

Ini akan memperkuat pengakuan internasional atas keunggulan industri angkatan laut Yunani sambil memberikan kapal perang “Made in Greece” kelas atas terbaik untuk membela warga negara dan kepentingan negara.

Tentang Korvet GOWIND class

Gowind adalah kapal kombatan permukaan yang kuat yang dilengkapi dengan sistem yang dioperasikan NATO.

Korvet Gowind dirancang oleh arsitek Naval Group untuk bernavigasi di semua lautan di seluruh dunia;

Gowind class juga menawarkan serangkaian sistem tempur berstandar NATO yang canggih untuk ASW, ASuW, dan AAW ;

First Of Class dikirim ke Angkatan Laut Mesir hanya 38 bulan setelah pesanan. Desain dan proses industri sepenuhnya aman dan Galangan Kapal Alexandria Mesir telah berhasil memproduksi 3 korvet Gowind® lainnya di Mesir;

Naval Group telah menjadi perancang dan pembuat kapal perang selama ratusan tahun, sehingga menguasai semua teknologi yang diperlukan untuk membuat kombatan permukaan yang kompak dan kuat, yang beradaptasi dengan baik untuk berbagai kondisi Laut dan diperlengkapi untuk menghadapi segala jenis ancaman.

Baca juga: Destroyer Siluman Buatan India, Cerita di Balik Pembangunannya

Gowind® mengintegrasikan sensor dan senjata canggih dan generasi terbaru yang mampu menghadapi semua jenis ancaman konvensional dan asimetris di perairan biru dan dangkal.

Sensor (sonar, sistem EW, sistem pengendalian tembakan) serta persenjataan  (senapan, misil serang permukaan, torpedo, sistem RAM) sejenis dengan keluarga sistem fregat Belharra/ Defence and Intervention Frigate (FDI) yang digunakan Angkatan Laut Prancis .

Gowind® dirancang untuk mengoperasikan helikopter kelas berat yang sama dengan yang beroperasi di fregat Belh@rra/FDI. Kapal itu saat ini telah dioperasikan di berbagai lingkungan Laut Mediterania, yang memiliki banyak kesamaan karakteristik lingkungan dengan Laut Aegean, dan Laut Merah.

Gowind® mengintegrasikan teknologi tempur yang proven dan berstandar NATO yang sama dengan fregat Angkatan Laut Prancis yang beroperasi di berbagai perairan.

Di atas air, korvet Gowind mengintegrasikan sistem manajemen tempur Setis dengan radar pengawasan 3D S-band untuk melacak target kecil serta semua jenis pesawat, dikombinasikan dengan sensor pasif yang memberikan peringatan dan penanggulangan dini. Sistem rudal RF dan IR yang diluncurkan secara vertikal memberi Gowind® kemampuan pertahanan udara yang diperluas, pada jarak menengah hingga sangat pendek.

Di bawah air, korvet Gowind mengintegrasikan kemampuan anti-kapal selam (ASW) dengan suite sonar yang mampu mencakup full range  tugas ASW di perairan biru dan dangkal.

Torpedo ringan MU90 telah melalui 300 kali uji laut, termasuk penembakan langsung.  Torpedo MU90 menjamin kematangan dan keandalan operasional. Karena jarak tembaknya yang tak tertandingi dan kemampuan uniknya di laut  yang sangat dangkal, membuat Torpedo MU90 adalah senjata deterrent /pencegah untuk melindungi zona maritim Anda dan penyebaran pasukan angkatan laut.

MU90 akan menjaga kapal selam modern pada jarak yang aman, dan sistem pertahanan torpedo yang dipasang di kapal adalah satu-satunya solusi yang mampu melindungi kapal permukaan dari torpedo paling canggih dan generasi sebelumnya, ungkap Naval Group.

Pertimbangan Yunani

Yunani saat ini sedang mempertimbangkan keputusan soal program akuisisi korvet, setelah tawaran akhir dari Perancis dan Italia diajukan di awal bulan Desember 2022.

Proposal dari Prancis menyangkut Korvet Gowind 2800HN base on Gowind 2500, sedangkan Italia mengajukan FCx30 Doha class.

*photo cover: Korvet Gowind (@Naval Group)

Tinggalkan komentar