Jakarta Greater

Wow, Jerman Luncurkan Serentak 2 Kapal Selam Invincible Class Singapura

kapal selam singapura
Peluncuran dua kapal selam 218SG untuk militer Singapura di galangan kapal Thyssenkrupp Marine Systems di Kiel, Jerman. 13/12/2022. (@Thyssenkrupp Marine Systems)

Dua kapal selam canggih Type 218SG untuk militer Singapura diluncurkan dalam upacara meriah di galangan kapal Thyssenkrupp Marine Systems di Kiel, Jerman pada 13 Desember 2022.

Kedua kapal selam diberi nama Impeccable (Sempurna) dan Illustrious (Terkemuka).

Kanselir Jerman Olaf Scholz, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, serta Menteri Pertahanan Singapura Dr. Ng Eng Hen hadir dalam peluncuran kapal selam baru Singapura ini, ungkap laman Thyssenkrupp Marine Systems, 13/12/2022.

“Kami bangga bahwa perusahaan Jerman seperti Thyssenkrupp Marine Systems adalah pemimpin dalam pembangunan kapal selam. Masing-masing kapal selam ini memiliki banyak pekerjaan manual dan presisi maksimum. Itu adalah sinyal yang jelas, ungkap Kanselir Scholz dalam pidatonya.

Kapal Generasi Baru

“Kapal yang diluncurkan hari ini adalah generasi baru kapal selam canggih yang benar-benar tak tertandingi di dunia. Teknologi yang diterapkan adalah yang terdepan di dunia. Ini juga hanya mungkin berkat kerja sama yang telah berlangsung lama, saling percaya dan sukses dengan Republik Singapura”, ungkap CEO Thyssenkrupp Marine Systems, Oliver Burkhard.

Baca juga: Tawaran Menggiurkan Prancis untuk Pembangunan Korvet Yunani

kapal selam singapura
Peluncuran dua kapal selam 218SG untuk militer Singapura di galangan kapal Thyssenkrupp Marine Systems di Kiel, Jerman. 13/12/2022. (@Thyssenkrupp Marine Systems)

The “Impeccable” dan “Illustrious” adalah kapal kedua dan ketiga dalam rangkaian empat kapal selam Type 218SG yang dipesan oleh Angkatan Laut Republik Singapura.

Kapal Type 218SG adalah salah satu kapal selam diesel-listrik paling modern di dunia dan menampilkan banyak solusi khusus dan teknologi baru.

Kapal selam ini dirancang dengan jenak akustik rendah. Sistem propulsi independen udara eksternal yang memungkinkan kapal tetap berada di bawah air untuk durasi yang lebih lama.

Setelah uji coba intensif lebih lanjut, kapal “Impeccable” dan “Illustrious” akan diserahkan mulai tahun 2023 dan seterusnya.

Kapal selam Type 218SG memiliki dimensi panjang sekitar 70 meter dan bobot sekitar 2.000 ton

Diperkirakan kecepatannya sekitar 10 knot (19 km/jam) saat muncul ke permukaan dan 15 knot (28 km/jam) saat terendam.

Desain Tipe 218SG dibuat bersama oleh Badan Sains dan Teknologi Pertahanan Singapura (DSTA), ThyssenKrupp Marine Systems (TKMS) dan Angkatan Laut Republik Singapura (RSN). Rancangan kapal selam disesuaikan untuk memenuhi persyaratan angkatan laut khusus dari RSN, termasuk operasi angkatan laut di perairan pesisir, menjaga jalur komunikasi laut (SLOC), intelijen-pengumpulan (ISTAR) dan operasi khusus. Desainnya diyakini didasarkan pada kapal selam Tipe 214 dari kapal selam Tipe 212, yang keduanya dirancang oleh TKMS.

peluncuran kapal selam singapura di kiel
Peluncuran dua kapal selam 218SG untuk militer Singapura di galangan kapal Thyssenkrupp Marine Systems di Kiel, Jerman. 13/12/2022 (@Singapore Ministry of Defence)

Dalam peluncuran dua kapal selam ini, Thyssenkrupp Marine Systems Jerman dan ST Engineering Singapura juga menandatangani perjanjian kerja sama.

Perjanjian itu mencakup layanan garansi serta dukungan dalam layanan untuk empat kapal selam kelas Invincible, memastikan bahwa mereka terpelihara dengan baik di Singapura selama masa operasionalnya.

Baca juga: Rheinmetall Pasok Sistem Pertahanan Udara Skynex ke Pelanggan Internasional

“Singapura adalah negara maritim dan kami sangat bergantung pada pergerakan barang dan jasa yang bebas dan tanpa hambatan melintasi laut untuk kemakmuran dan kelangsungan hidup kami. Republic of Singapore Navy (RSN) memiliki misi penting untuk menjaga Jalur Komunikasi Laut kita tetap terbuka. Kapal selam memberi RSN kemampuan tambahan untuk memenuhi perannya”, ujar Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, dalam pidatonya, dikutip laman Kementerian Pertahanan Singapura, 13/12/2022.

Kapal selam kelas Invincible dirancang khusus untuk operasi di perairan tropis Singapura yang dangkal dan ramai, serta memiliki daya tahan lebih lama dan muatan lebih tinggi. Setelah peluncuran, kapal selam Impeccable dan Illustrious akan menjalani serangkaian uji coba laut sebelum dikirim ke Singapura. Kapal selam pertama Invincible diluncurkan pada 2019, sedangkan kapal selam keempat Inimitable masih dalam pembangunan.

Pada tahun 2018 Singapura dan Jerman menandatangani Perjanjian kerja sama Pertahanan yang ditingkatkan termasuk: pertukaran dan pelatihan militer, kursus profesional, teknologi pertahanan dan dunia maya.

*photo cover: Peluncuran dua kapal selam 218SG untuk militer Singapura di galangan kapal Thyssenkrupp Marine Systems di Kiel, Jerman. 13/12/2022. (@Thyssenkrupp Marine Systems)

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest

Penulis:

Rojes Saragih

Follow Us