Berkunjung ke Malaysia, Bakamla RI Perkenalkan Meriam KN Pulau Marore-322

Kapal patroli Indonesian Coast Guard/Bakamla RI, KN Pulau Marore-322 yang sedang bersandar di Dermaga Jabatan Laut Malaysia, menerima kunjungan kehormatan dari Pengarah Maritim Negeri Johor, Malaysia, Laksamana Pertama (M) Nurul Hizam bin Zakaria, Kamis, 15/12/2022.

Kedatangan Laksma Nurul Hizam disambut dengan jajar kehormatan dan diterima langsung oleh Kepala Zona Bakamla Barat Laksamana Pertama Bakamla Hadi Pranoto, serta Komandan KN Pulau Marore-322, Letkol Bakamla Yuli Eko.

Pada kunjungan ini Laksma Bakamla Hadi Pranoto sempat mengenalkan alat persenjataan yang dimiliki oleh kapal patroli KN Pulau Marore-322, yang salah satunya adalah RCWS meriam 30 mm Aselsan, ungkap rilis Bakamla RI, 16/12/2022.

Meriam RCWS 30mm KN Pulau Marore-322 Bakamla RI
Meriam RCWS 30mm KN Pulau Marore-322 Bakamla RI, 15/12/2022 (@Bakamla RI)

“Meriam ini sudah fully automatic, sehingga memiliki akurasi tinggi dan pengoperasian yang terbilang mudah”, ujar Laksma Bakamla Hadi Pranoto.

Selanjutnya Letkol Bakamla Yuli Eko menjelaskan peralatan navigasi dan sistem yang ada di KN Pulau Marore-322 serta ketahanan kapal dalam menghadapi cuaca buruk.

Laksma Nurul Hizam menyampaikan terima kasih telah diterima dengan baik. Dia juga mengapresiasi kunjungan delegasi Bakamla RI ke APMM Johor, Malaysia.

kn pulau marore
Kunjungan APMM Negeri Johor Malaysia ke KN Pulau Marore-322, di Johor Bahru, Malaysia, 15/12/2022. (@Bakamla RI)

“Terima kasih atas kerja sama Bakamla RI selama ini, semoga Bakamla RI dan APMM semakin maju dan bersinergi,” ucap Laksma Nurul Hizam.

Kegiatan kunjungan diakhiri dengan foto bersama di Helideck KN Pulau Marore-322.

Tidak Bisa Dilakukan Sendiri

Kunjungan APMM Malaysia ke kapal KN Pulau Marore-332, merupakan rangkaian dari Port Visit KN Pulau Marore – 322 ke Johor Bahru Malaysia.

Dalam Port Visit itu Kepala Zona Bakamla Barat Laksamana Pertama Bakamla Hadi Pranoto melakukan pertemuan persahabatan dengan APMM Malaysia Negeri Johor.

Baca juga: Jet Tempur Tanpa Awak Kizilelma Turki, Sukses Terbang Perdana

Kedatangan rombongan delegasi Bakamla disambut oleh Pengarah Maritim Negeri Johor Laksamana Pertama (M) Nurul Hizam bin Zakaria.

Pada pertemuan itu Laksma Nurul Hizam memaparkan tugas pokok dan fungsi APMM, tantangan serta aset yang mereka miliki kepada delegasi Bakamla RI.

Delegasi Bakamla diketuai Kepala Zona Bakamla Barat Laksamana Pertama Bakamla Hadi Pranoto, melakukan pertemuan dengan APMM Malaysia Negeri Johor, di Johor Bahru Malaysia, 15/12/2022 (@ Bakamla RI)
Delegasi Bakamla diketuai Kepala Zona Bakamla Barat Laksamana Pertama Bakamla Hadi Pranoto, melakukan pertemuan dengan APMM Malaysia Negeri Johor, di Johor Bahru Malaysia, 15/12/2022 (@ Bakamla RI)

Sementara, Laksma Bakamla Hadi Pranoto menerangkan wilayah kerja Zona Bakamla Barat, yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia, yang transportasinya didominasi dengan jalur laut. Maka dalam menjaga keamanan dan keselamatan di laut, tidak bisa dilakukan sendiri dan perlu sinergitas dengan negara tetangga.

Meriam 30mm kn pulau marore
Meriam 30mm SMASH RCWS KN Pulau Marore-322 (@Puspen TNI)

Johor atau nama resminya Johor Darul Ta’zim adalah negara bagian di Malaysia yang terletak di selatan Semenanjung Malaya. Negara bagian ini berbatasan dengan negara bagian Melaka dan Negeri Sembilan di barat laut dan Pahang di utara. Negara bagian Johor juga dikelilingi oleh perairan seperti Laut Natuna, Indonesia di timur, Selat Johor di selatan dan Selat Malaka di bagian barat.

kapal patroli kn pulau marore
Kapal Patroli KN Pulau Marore-322 Indonesian Coast Guard. (@Bakamla RI)

RCWS SMASH 30mm

Meriam SMASH 30mm adalah sistem senjata kendali jarak jauh / Remote controlled weapon station (RCWS) , dengan tingkat akurasi yang tingg, buatan Aselsan, Turki.

SMASH merupakan sistem senjata angkatan laut yang distabilkan dan dioperasikan dari jarak jauh yang dirancang sejak awal untuk digunakan di platform angkatan laut di bawah kondisi laut yang keras, yang memberikan peningkatan kemungkinan serangan dan kemampuan bertahan penembak maksimum untuk tujuan pertahanan pesisir, pertahanan perbatasan, dan pertahanan platform angkatan laut ukuran apa pun, sebagai senjata utama atau senjata sekunder terhadap ancaman asimetris.

meriam 30mm aselsan
Meriam 30mm SMASH RCWS Aselsan. (@Aselsan)

SMASH terdiri dari konsol operator jarak jauh yang kokoh dan mudah digunakan, turret yang distabilkan oleh gyro yang dilengkapi dengan Canon 30mm Mk44S Bushmaster-II dan pengarah optik elektro internal yang distabilkan oleh gyro independen yang dioptimalkan untuk deteksi, identifikasi, pelacakan target otomatis, otomatis perhitungan balistik (mendeteksi, melacak, dan menembak saat bergerak) dan keterlibatan berbagai target diam atau bergerak saat platform sedang bergerak.

Pengarah elektro optik independen berakurasi tinggi yang distabilkan oleh gyro dilengkapi dengan kamera TV beresolusi tinggi, kamera infra merah, dan pencari jarak laser yang memastikan penembakan yang akurat pada jarak jauh dengan memungkinkan garis pandang untuk tetap berada di target setiap saat, bahkan selama perhitungan balistik otomatis dan koreksi dinamis diterapkan pada garis tembakan (kanon).

SMASH tidak hanya memiliki desain tapak geladak yang ringkas tanpa penetrasi geladak dan fitur pemasangan yang sederhana, tetapi juga memiliki Unit Kontrol Manual yang memungkinkan operator untuk mengendalikan dan menembakkan kanon secara manual dalam situasi darurat, monitor PC Panel tertanam dengan perekam video dan unit baterai cadangan yang memungkinkan SMASH dioperasikan untuk mempertahankan platform angkatan laut jika tenaga utama kapal hilang.

*photo cover: Meriam RCWS 30mm KN Pulau Marore-322 Bakamla RI, 15/12/2022 (@Bakamla RI)

Tinggalkan komentar