Jakarta Greater

Batch Terakhir, 4 Pesawat M-346 Dikirim ke Angkatan Udara Polandia

dok. Pesawat Latih Tingkat Lanjut M-346 Polish Air Force
dok. Pesawat Latih Tingkat Lanjut M-346 Polish Air Force (@ Poland Ministry of Defence)

Dengan adanya 16 pesawat latih tempur M-346, maka Angkatan Udara Polandia mengoperasikan armada terbesar kedua dari pesawat latih jet canggih Leonardo di Eropa.

Perusahaan Leonardo Italia telah mengirimkan batch ketiga dari empat jet latih lanjutan M-346 kepada Angkatan Udara Polandia sesuai jadwal, ungkap laman Leonardo, 16/12/2022.

Hal ini menjadikan ukuran armada Polandia menjadi 16 pesawat, pelanggan ekspor terbesar kedua di antara basis pelanggan M-346.

Memiliki lebih dari 100.000 jam terbang, pesawat Alenia Aermacchi M-346 menunjukkan kinerja yang sangat baik dalam hal ketersediaan dan keandalan armada.

SVP Commercial & Customer Services di Leonardo’s Aircraft Division, Dario Marfè, mengatakan: “Kami sangat bangga telah melengkapi Angkatan Udara Polandia dengan sistem pelatihan lanjutan berdasarkan M-346 kami. Kami berkomitmen untuk menyediakan pelanggan kami dengan produk terbaik dan tercanggih, berdasarkan solusi yang dikembangkan Leonardo untuk mendukung mereka dalam mencapai misi mereka.”

dok. Pesawat Latih Tingkat Lanjut M-346 Polish Air Force
dok. Pesawat Latih Tingkat Lanjut M-346 Polish Air Force (@ Poland Ministry of Defence)

Pada Februari 2014, Angkatan Udara Polandia memilih pesawat M-346 sebagai penerus pesawat latih TS-11 Iskra yang legendaris. Kemudian pada November 2018, dalam sebuah upacara di Wing Pelatihan Udara ke-4 Angkatan Udara Polandia di Dęblin, pesawat latih M–346 menerima nama resmi “Bielik” dalam dinas Polandia.

Baca juga: Rusia Jajaki Kerja Sama Produksi Jet Tempur Yak-130 dengan Indonesia

Sejak diperkenalkan ke armada Angkatan Udara Polandia, pesawat M-346 telah ditugaskan ke Pangkalan Udara Pelatihan ke-41 di Dęblin. Selama masa pelayanannya, pesawat ini telah terbukti menjadi pengubah permainan bagi pilot pesawat tempur Polandia.

Sistem pesawat latih M-346 “Bielik” Polandia juga telah disertifikasi oleh Angkatan Udara AS untuk pelatihan pilot pesawat tempur generasi keempat dan kelima, sebuah tonggak penting yang memungkinkan Polandia untuk melatih banyak siswanya di dalam negeri daripada di luar negeri.

Setelah mencapai lebih dari 100.000 jam terbang, M-346 Advanced Jet Trainer (AJT) telah menunjukkan kinerja yang sangat baik dalam hal ketersediaan dan keandalan armada sebagai program yang maju dan matang secara teknologi.

dok. Pesawat Latih Tingkat Lanjut M-346 Polish Air Force
dok. Pesawat Latih Tingkat Lanjut M-346 Polish Air Force (@ Poland Ministry of Defence)

Baca juga: KAI dan Irkut Incar Potensi Pasar Pesawat Tempur di Indonesia

Lebih dari 100 pesawat latih M-346 telah dipesan oleh angkatan udara internasional utama termasuk dari Italia, Israel, Polandia, Singapura, Qatar dan Yunani. Pesawat ini juga menjadi tulang punggung Sekolah Pelatihan Penerbangan Internasional (IFTS), sebuah kolaborasi antara Leonardo dan Angkatan Udara Italia, yang telah dipilih oleh Jepang, Jerman, Qatar, dan Singapura.

Alenia Aermacchi M-346

Pesawat jet M-346 pada awalnya dikembangkan Italia bersama dengan Yakolev Rusia. Namun di tengah jalan mereka memutuskan untuk berpisah dan mengeluarkan pesawat versinya masing masing. Rusia menamakan proyeknya Yak-130 sementara Italia menamakannya M-346.

*photo cover: dok. Pesawat Latih Tingkat Lanjut M-346 Polish Air Force (@ Poland Ministry of Defence)

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest

Penulis:

Rojes Saragih

Follow Us