Jakarta Greater

Polandia Beli 1000 MBT K2 Black Panther dan 672 Howitzer K9A1 Thunder

main battle tank K2 Black Panther
Main Battle Tank K2 Black Panther Polandia. (@Poland Ministry of Defence)

Polandia memesan 1000 Main Battle Tank K2 Black Panther, serta  672 Howitzer K9A1 Thunder dari Korea Selatan.

Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki bersama Wakil Perdana Menteri / Menteri Pertahanan Mariusz Blaszczak, mengunjungi kota Morąg di Polandia Utara, pada 9/12/2022,  lokasi dari tentara Brigade Mekanis ke-20, yang menerima pengiriman batch pertama main battle tank K2 Black Panther Korea Selatan.

Bersama dengan tank-tank ini, amunisi dan suku cadang gelombang pertama dikirim. Pada saat yang sama, pelatihan tentara Polandia, yang akan menjadi awak tank K2, sedang berlangsung di Korea Selatan, ungkap laman Kementerian Pertahanan Polandia, 9/12/2022.

K2 Black Panther adalah Tank Tempur Generasi ke-3 buatan Korea Selatan. Persenjataan utamanya adalah meriam smoothbore 120 mm dengan autoloader. Meriam K2 dapat menggunakan jenis amunisi terbaru.

Wakil Perdana Menteri / Menteri Pertahanan Mariusz Blaszczak bersama Main Battle Tank K2 Black Panther Polandia.
Wakil Perdana Menteri / Menteri Pertahanan Mariusz Blaszczak bersama Main Battle Tank K2 Black Panther Polandia. (@Poland Ministry of Defence)

“Tank K2 adalah salah satu yang paling modern. Itu dirancang dan dibuat pada abad ke-21. Ini adalah tank dengan potensi besar. Baik dari segi kemampuan tempur maupun konstruksi. (…) Kami menggunakan pengalaman terbaik yang dikembangkan di Korea Selatan. Kami bangga bahwa dalam waktu yang singkat kami telah memperkuat Angkatan Bersenjata Polandia yaitu Divisi Mekanik ke-16″, ujar Wakil Perdana Menteri Polandia Błaszczak.

“Kami memperkuat Angkatan Bersenjata Polandia karena prioritas kami adalah keamanan Tanah Air kami. Kami konsisten dalam tindakan ini. Saya sangat puas bahwa dalam waktu sesingkat itu kami telah mencapai kesuksesan dalam bentuk kedatangan peralatan militer berkualitas tinggi di Polandia dengan begitu cepat, dan sekarang berada di tangan tentara Polandia – tentara hebat dan berpengalaman yang siap untuk bertahan secara efektif tanah air kita”, ujar Kepala Kementerian Pertahanan Nasional Polandia dalam sambutannya.

Baca juga: Batch Terakhir, 4 Pesawat M-346 Dikirim ke Angkatan Udara Polandia

Sebelumnya Polandia telah menandatangani perjanjian kerangka kerja untuk akuisisi total 1.000 tank K2 beserta kendaraan pendampingnya: yaitu kendaraan pendukung teknis, kendaraan jembatan, elemen lainnya berdasarkan solusi Polandia, paket pelatihan, pasokan amunisi dan dukungan teknis dari pabrikan Hyundai Rotem.

Howitzer Self-Propelled K9A1

Selain itu, howitzer self-propelled K9A1 akan segera menjadi perlengkapan Angkatan Bersenjata Polandia. Perjanjian kerangka kerja bersama Hanwha Defense mencakup akuisisi total 672 howitzer self-propelled K9A1 155mm dan versi pengembangan K9PL Polandia bersama dengan kendaraan yang menyertainya, serta paket pelatihan dan logistik, pasokan amunisi, dan dukungan teknis pabrikan.

Howitzer Self-Propelled K9A1 Polandia.
Howitzer Self-Propelled K9A1 Polandia. (@Poland Ministry of Defence)

“Orang dapat mengatakan bahwa Anda memiliki sesuatu untuk membela diri dan Anda tidak harus menggunakannya, atau Anda tidak memiliki apa-apa untuk dilakukan di saat Anda harus melakukannya. Kami ingin memiliki pasukan yang kuat, – tentara modern dan peralatan modern yang tidak ada yang berani menyerang Polandia. Pendahulu kami berpikir bahwa mereka dapat menghemat uang untuk anggaran tentara. Kami berinvestasi pada peralatan paling modern karena kami tahu bahwa penghematan biaya angkatan bersenjata adalah penghematan semu dan investasi semu yang muncul karena penghematan ini” ujar Perdana Menteri Morawiecki.

Kepala Kementerian Pertahanan Nasional menegaskan bahwa pasokan peralatan dari Korea Selatan adalah salah satu elemen dalam proses modernisasi teknis Angkatan Bersenjata Polandia.

“Peralatan militer yang kami pesan dikirim ke timur negara kami, ke sayap timur NATO. Tetapi saya juga ingin menekankan bahwa bukan, seperti yang dikatakan beberapa orang, kami memesan peralatan hanya setelah 24 Februari (serangan Rusia ke Ukraina-red). Izinkan saya mengingatkan Anda: 2018 – kesepakatan Patriot, Patriot sudah berada di tanah Polandia; 2019 – Himars, pengiriman peluncur pertama tahun depan; 2020 – F-35, sayangnya hanya pada tahun 2024; 2021 – Bayraktar Turki, terbukti dengan baik di Ukraina, sudah menjadi perlengkapan Angkatan Bersenjata Polandia, 2021 dan 2022 – Abrams. Dan untuk kerja sama dengan Korea Selatan: 12 pesawat FA50 lagi akan dikirim tahun depan’, ujar kepala Kementerian Pertahanan Nasional Polandia.

Main Battle Tank K2 Black Panther dan Howitzer K9A1 Thunder Polandia. (@Poland Ministry of Defence)
Main Battle Tank K2 Black Panther dan Howitzer K9A1 Thunder Polandia. (@Poland Ministry of Defence)

Tank K2 Black Panther

Tank K2 Black Panther, yang dipasok ke Brigade Mekanik ke-20, adalah MBT generasi 3+ Korea Selatan. Persenjataan utamanya adalah meriam smoothbore 120 mm dengan autoloader yang dapat menggunakan jenis amunisi terbaru. Persenjataan tambahan adalah senapan mesin 7,62 mm dan senapan mesin berat 12,7 mm. Sistem kontrol tembakan tank yang canggih memastikan efisiensi tembakan yang tinggi pada jarak jauh.

Armor tank K2 dalam konfigurasi standar, yang dapat dilengkapi dengan sistem perlindungan aktif seperti soft kill (VIRSS) dan hard kill (KAPS), dan memastikan ketahanan balistik dan anti-ranjau yang tinggi. Main battle tank ini bermesin diesel dengan tenaga 1500 hp dengan gearbox otomatis, yang memastikan kecepatan dan mobilitas tinggi di segala medan yang memungkinkan. Tank ini dicirikan oleh bobot yang relatif rendah yaitu 55 ton dan penggunaan suspensi hidropneumatik.

Pendaratan Alutsista Pertama

Pada hari Selasa, 6 Desember 2022, pendaratan tank K2 pertama dan howitzer senjata K9 untuk Polandia selesai dilakkan di Gdynia, Polandia. Pengiriman dilakukan di bawah ketentuan yang ditetapkan dalam kontrak yang diselesaikan tahun ini dengan Korea Selatan. Angkatan Bersenjata Polandia secara konsisten memperkuat potensi mereka dengan penggunaan teknologi pertahanan Korea Selatan.

Baca juga: Jet Tempur Tanpa Awak Kizilelma Turki, Sukses Terbang Perdana

Pada bulan Juli, perjanjian kerangka kerja disepakati dengan Hyundai Rotem untuk akuisisi total 1.000 tank K2 dan versi pengembangan K2PL Polonized bersama dengan kendaraan yang menyertainya: kendaraan pendukung teknis dan teknik, jembatan yang menyertai, dan elemen lain berdasarkan solusi Polandia, seperti serta paket pelatihan dan logistik, suplai amunisi dan dukungan teknis pabrikan.

Selain itu, perjanjian kerangka kerja juga dilakukan dengan Hanwha Defense mencakup akuisisi total 672 howitzer self-propelled K9A1 dan versi pengembangan K9PL Polonized bersama dengan kendaraan yang menyertainya, serta paket pelatihan dan logistik, pasokan amunisi, dan dukungan teknis dari pabrikan. .

Kepala Kementerian Pertahanan Nasional mencatat bahwa ini adalah yang pertama dari rencana pengiriman peralatan Korea Selatan untuk Angkatan Bersenjata Polandia.

*photo cover: Main Battle Tank K2 Black Panther Polandia. (@Poland Ministry of Defence)

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest

Penulis:

Rojes Saragih

Follow Us