Jakarta Greater

Bangganya Menteri Pertahanan India Tugaskan Destroyer INS Mormugao

Destroyer INS Mormugao India.
Destroyer INS Mormugao India. (@ India Defence Ministry)

Kapal Destroyer Angkatan Laut India INS Mormugao (D67) menjadi kapal perang kedua dari kapal perusak jenis siluman P15B class, yang ditugaskan (Komisioning) di hadapan Menteri Pertahanan India, Rajnath Singh di Galangan Kapal Angkatan Laut, Mumbai pada 18 Desember 2022.

Komandan Kapten Kapil Bhatia membacakan Surat Perintah Komisioning Kapal. Selanjutnya, Naval Ensign dikibarkan di kapal destroyer INS Mormugao untuk pertama kalinya

Acara ini menandai induksi formal kapal perusak kedua dari empat kapal perusak ‘Visakhapatnam’ class, yang dirancang sendiri oleh Biro Desain Kapal Perang internal Angkatan Laut India dan dibangun oleh Mazagon Dock Shipbuilders Limited (MDL), Mumbai.

Dalam sambutannya, Menteri Pertahanan India menggambarkan INS Mormugao sebagai salah satu kapal perang buatan dalam negeri yang paling kuat yang secara signifikan akan meningkatkan kemampuan maritim negara India dan mengamankan kepentingan nasional.

“INS Mormugao adalah salah satu pembawa rudal yang paling berteknologi maju di dunia. Dengan lebih dari 75% konten dalam negeri, ini adalah kesaksian keunggulan India dalam desain dan pengembangan kapal perang dan contoh cemerlang dari kemampuan produksi pertahanan dalam negeri kami yang terus berkembang. Kapal perang itu akan memenuhi kebutuhan negara kita saat ini dan di masa depan serta negara-negara sahabat kita di seluruh dunia,” katanya, dikutip laman Kementerian Pertahanan India, 18/12/2022.

Penugasan Destroyer INS Mormugao ke Angkatan Laut India, 18/19/2022.
Penugasan Destroyer INS Mormugao ke Angkatan Laut India, 18/19/2022. (@Mazagon Dock Shipbuilders, India)

“Angkatan Laut mengamankan kepentingan maritim & berkontribusi pada kemajuan sosial-ekonomi”

Menteri Pertahanan India memuji Angkatan Laut India dan MDL atas penugasan INS Mormugao, yang menggambarkannya sebagai hasil kerja keras, dedikasi, dan aspirasi para insinyur, teknisi, perancang, dan ilmuwan. Ini adalah kebanggaan besar bagi India, katanya.

Baca juga: Destroyer Siluman Buatan India, Cerita di Balik Pembangunannya

Menteri Pertahanan India menyatakan menjaga kepentingan India di Wilayah Samudra Hindia merupakan tanggung jawab utama Angkatan Laut.

“Ekonomi kita yang tumbuh berhubungan langsung dengan perdagangan yang meningkat, yang sebagian besar melalui jalur laut. Kepentingan kami terkait langsung dengan Samudra Hindia. Menjadi negara penting di kawasan ini, peran Angkatan Laut India menjadi lebih penting dalam keamanannya. Sangat menggembirakan melihat mereka menjalankan tugas mereka dengan sukses,” katanya.

“Angkatan Bersenjata – tulang punggung pertumbuhan India yang belum pernah terjadi sebelumnya”

Menteri Pertahanan India Rajnath Singh memuji Angkatan Bersenjata karena melindungi perbatasan dan pantai dengan keberanian dan dedikasi yang tak tertandingi, menyebut mereka sebagai tulang punggung pertumbuhan India yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“India menyentuh tingkat kesuksesan yang lebih baru setiap hari. Kami sekarang berada di antara lima ekonomi teratas dunia. Menurut sebuah laporan oleh perusahaan investasi Morgan Stanley, kita akan berada di antara tiga ekonomi teratas dalam lima tahun ke depan. Penanganan pandemi COVID-19 di India diapresiasi dunia. Kepresidenan G-20 kami adalah pencapaian penting lainnya. Ini berhasil karena aspirasi, kerja keras dan tekad setiap orang India. Namun, alasan terpenting di balik kesuksesan kami adalah perbatasan dan pantai kami yang aman. Karena kesiapan dan ketangkasan militer, kami memiliki aparat keamanan yang anti-bodoh,” katanya.

Penugasan Destroyer INS Mormugao ke Angkatan Laut India, 18/19/2022.
Penugasan Destroyer INS Mormugao ke Angkatan Laut India, 18/19/2022. (@India Defence Ministry)

“Memperkuat aparat keamanan adalah prioritas utama kami”

Menteri Pertahanan India menegaskan kembali tekad Pemerintah untuk mempersiapkan bangsa menghadapi situasi apa pun yang timbul karena skenario global yang berubah dengan cepat. Dikatakannya, prioritas utama Pemerintah adalah terus memperkuat infrastruktur keamanan dengan memperlengkapi militer dengan senjata/peralatan dalam negeri yang canggih.

“Hubungan ekonomi, politik dan perdagangan antar negara terus berkembang. Pandemi Covid-19, situasi di timur tengah, Afghanistan dan sekarang Ukraina. Ini secara langsung atau tidak langsung berdampak pada setiap negara dengan satu atau lain cara. Di era globalisasi ini, hampir semua bangsa saling bergantung satu sama lain dalam bidang perdagangan. Oleh karena itu, kebebasan navigasi berbasis aturan, keamanan jalur laut, dll. Menjadi lebih penting dari sebelumnya untuk stabilitas dan kemajuan ekonomi dunia, ”katanya.

“Tujuannya adalah menjadikan India sebagai pusat pembuatan kapal pribumi”

Rajnath Singh juga memuji MDL karena semakin berkembang dengan terus membangun kapal baru dengan teknologi canggih. Dia mendesak mereka dan perusahaan pembuat kapal lainnya untuk meningkatkan kemampuan mereka dengan memanfaatkan inisiatif Pemerintah dan bergerak maju untuk menjadikan India sebagai pusat pembuatan kapal pribumi.

Baca juga: Bangun Kapal Induk, India Jadi Negara Elite Berkemampuan Khusus

“Negara-negara di seluruh dunia saat ini sedang bergerak menuju modernisasi dan penguatan kekuatan militer mereka karena skenario keamanan global. Permintaan akan peralatan militer terus meningkat. Kami telah memperkenalkan sejumlah kebijakan yang akan membantu perusahaan sektor publik atau swasta kami untuk menjadi pemain kelas dunia. Anda semua harus memanfaatkan kebijakan ini dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Laut & Penjaga Pantai kita, sekaligus memenuhi persyaratan internasional. Kami akan memberikan semua dukungan yang memungkinkan untuk mewujudkan visi Perdana Menteri Shri Narendra Modi tentang ‘Make in India, Make for the World”, ujarnya.

“INS Mormugao – lompatan raksasa India dalam kemampuan membangun kapal perang”

Kepala Staf Angkatan Laut India Laksamana R Hari Kumar menyatakan bahwa commissioning destroyer INS Mormugao merupakan indikasi langkah besar yang telah diambil India dalam desain kapal perang dan kemampuan membangun selama dekade terakhir.

Dia menambahkan bahwa kapal perang INS Mormugao adalah ilustrasi nyata dari inisiatif ‘Aatmanirbhar Bharat’ dan ‘Make in India’ dan memperkuat komitmen Angkatan Laut untuk mendukung transformasi India menjadi pusat pembuatan kapal global. Kapal perang, dengan kemampuan tempur multi-dimensinya, akan menjadi bagian dari Armada Barat – lengan pedang Angkatan Laut India, katanya.

Laksamana R Hari Kumar meminta Perwira Komandan dan tim perwira serta pelautnya untuk bergerak maju dengan momentum yang sama dan mempersiapkan penyebaran operasional di masa depan. Dia juga memuji MDL karena memainkan peran penting dalam transisi dari ‘Angkatan Laut Pembeli ke Angkatan Laut Pembangun’.

Penugasan Destroyer INS Mormugao ke Angkatan Laut India, 18/19/2022.
Penugasan Destroyer INS Mormugao ke Angkatan Laut India, 18/19/2022. (@India Defence Ministry)

Tentang Destroyer Ins Mormugao

Stealth, daya tembak & kemampuan manuver dengan konten dalam Negeri.

Berukuran panjang 163m dan lebar 17m dengan perpindahan 7.400 ton, INS Mormugao dikemas dengan senjata dan sensor canggih seperti Rudal Permukaan-ke-Permukaan dan Rudal Permukaan-ke-Udara. Kapal dilengkapi dengan Radar Pengawasan modern yang menyediakan data target ke sistem senjata meriam. Kemampuan Peperangan Anti-Kapal Selam disediakan oleh Peluncur Roket, Peluncur Torpedo, dan helikopter ASW yang dikembangkan sendiri.

Dinamai berdasarkan kota pelabuhan bersejarah Goa di pantai barat, kapal ini diperlengkapi untuk berperang dalam kondisi perang Nuklir, Biologis, dan Kimia.

Kapal ini didorong oleh empat Turbin Gas yang kuat, dalam konfigurasi Gabungan Gas dan Gas, yang mampu mencapai kecepatan lebih dari 30 knot. Kapal telah meningkatkan fitur siluman yang menghasilkan Radar Cross Section yang berkurang. INS Mormugao memiliki komplemen sekitar 300 personel.

Dengan lebih dari 75% konten asli, semua senjata dan sensor utamanya telah dikembangkan dan diproduksi di India baik secara langsung melalui desain dan pengembangan oleh Produsen Peralatan Asli India (OEM) atau melalui kerja sama strategis dan Transfer Teknologi dengan OEM asing ternama.

Destroyer INS Mormugao India
Destroyer INS Mormugao India (@India Defence Ministry)

Kapal Perusak P15B

Perusak P15B menggabungkan konsep desain baru untuk meningkatkan kemampuan bertahan hidup, menjaga laut, dan kemampuan manuver. Siluman yang ditingkatkan juga telah tercapai, membuat kapal sulit dideteksi. Dengan konten asli yang meningkat secara signifikan, kapal perusak P15B adalah ciri kemandirian dalam desain dan pembangunan kapal perang dan contoh cemerlang dari ‘Aatmanirbhar Bharat’.

Visi & tujuan

Dengan dinamika kekuatan di Wilayah Samudra Hindia yang terus berubah, kemampuan semua domain kapal akan menambah mobilitas, jangkauan, dan fleksibilitas Angkatan Laut India untuk menyelesaikan misi atau tugas apa pun. Induksi kapal ke Angkatan Laut juga mencerminkan kemampuan India yang berkembang untuk tetap menjadi Penanggap Pertama dan Mitra Keamanan Pilihan di wilayah tersebut.

Sejarah

Kapal diluncurkan pada 17 September 2016 dan memulai uji coba laut pada 19 Desember 2021, bertepatan dengan 60 tahun Pembebasan Goa. Peresmian pada 18 Desember penting karena pada tanggal yang sama pada tahun 1961 ketika Operasi Vijay diluncurkan untuk membebaskan Goa dari kekuasaan Portugis. Menteri Pertahanan India, dalam sambutannya, memberikan penghormatan kepada mantan Menteri Pertahanan mendiang Manohar Parrikar, yang berasal dari Goa dan telah meluncurkan INS Mormugao pada tahun 2016.

*photo cover: Destroyer INS Mormugao India. (@ India Defence Ministry)

 

 

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest

Penulis:

Rojes Saragih

Follow Us